Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Habitat dan Perilaku Badak Jawa

Semenanjung Ujung Kulon merupakan satu-satunya habitat bagi populasi badak jawa yang “viable” di dunia. Komponen yang paling mempengaruhi frekuensi kehadiran badak jawa pada suatu habitat di TNUK adalah kandungan garam mineral (salinitas) dan pH tanah. Areal yang disukai oleh badak jawa di TNUK adalah areal yang memiliki karakteristik kandungan garam mineral, sumber-sumber air yang berkisar antara 0,25-0,35, pH tanah berkisar antara 4,3- 5,45, jarak dari pantai berkisar antara 0-600 meter, dan kandungan garam mineral pada permukaan dedaunan pakan badak adalah 0,35 % (Rahmat 2007).

Menurut TNUK (2013a), badak jawa merupakan hewan yang soliter, tenang dan pemalu, akan tetapi dalam kondisi tertentu badak jawa bisa hidup dan melakukan aktifitas secara bersama-sama seperti mengasuh anak dan saat musim kawin. Oleh karena itu, badak hidup di dalam hutan dengan jarak yang jauh dari jangkauan manusia. Pengamatan perilaku, pola makan, serta penelitian mengenai resiko dan ancaman wabah penyakit dengan menggunakan kamera trap agar tidak mengganggu kenyamanan badak (WWF 2011). Perilaku berkubang atau mandi merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting bagi badak jawa untuk menurunkan suhu tubuh, serta membersihkan tubuh dari kotoran, parasit, dan penyakit. Hoogerwerf (1970) menyatakan bahwa badak juga minum dan membuang air seni di kubangan. Perilaku membuang air seni dan kotoran berfungsi untuk menandai daerah jelajahnya dan dilakukan setelah puas berkubang (Rahmat 2007).


Badak jawa memakan pucuk daun, daun-daun muda, sebagian ranting muda dan juga buah (Muntasib 2001). Mereka juga merobohkan pohon untuk memperoleh makanan dengan cara mendorong pohon tersebut menggunakan tubuhnya yang besar (Hoogerwerf 1970). Pohon yang roboh tadi tidak mati tetapi akan tumbuh daun dan ranting yang baru dan akan menjadi sumber makanan baru bagi badak.
Labels: Badak Jawa

Thanks for reading Habitat dan Perilaku Badak Jawa . Please share...!

0 Comment for "Habitat dan Perilaku Badak Jawa "

Back To Top