Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Klasifikasi dan Distribusi Badak Jawa

Ordo Perrisodactyla terdiri atas tiga famili yaitu Equidae, Tapiridae, dan Rhinocerotidae. Famili Rhinocerotidae memiliki status kepunahan tertinggi diantara dua famili lainnya dari ordo Perrisodactyla. Tiga spesies dari famili Rhinocerotidae dikategorikan dalam daftar critically endangered atau terancam punah yaitu Rhinoceros sondaicus (badak jawa), Dicerorhinus sumatrensis (badak sumatera), dan Diceros bicornis (badak hitam). Sedangkan dua lainnya dikategorikan dalam daftar Vulnerable yaitu Rhinoceros unicornis (badak india) dan daftar Near Threatened yaitu Ceratotherium simum (badak putih) (IUCN 2015a).

Menurut Srivastav et al. (2010), Rhinocerotidae dikelompokkan sebagai famili herbivora besar berdasarkan berat badannya yang melebihi 1000 kg. Lima spesies badak dalam famili Rhinocerotidae di dunia masih ditemukan bertahan hidup. Dua spesies badak yang hidup di benua Afrika yaitu, badak hitam Afrika (Diceros bicornis) dan badak putih Afrika (Ceratoterium simum). Tiga spesies lainnya berada di benua Asia yaitu badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), badak jawa (Rhinoceros sondaicus), dan badak india (Rhinoceros unicornis).

Menurut (Lekagul & McNeely 1977; IUCN 2015a) badak jawa secara taksonomi dapat diklasifikasikan dalam kelas mammalia, ordo Perissodactyla, famili Rhinocerotidae, dan spesies Rhinoceros sondaicus Desmarest 1822. Badak jawa dibagi lagi menjadi tiga subspesies yaitu Rhinoceros sondaicus sondaicus (badak jawa Indonesia), Rhinoceros sondaicus annamiticus (badak jawa Vietnam), dan Rhinoceros sondaicus inermis (badak jawa India). Menurut Brook et al. (2011) Rhinoceros sondaicus annamiticus punah pada tahun 2009 di Taman Nasional Cat Tien Vietnam, sedangkan Rhinoceros sondaicus inermis telah punah sebelum tahun 1925 (Abhat 2013).

Penyebaran badak jawa di dunia terbatas hanya di hutan-hutan di Indonesia, Vietnam dan kemungkinan terdapat juga di Laos dan Kamboja. Badak jawa mengalami kepunahan di Vietnam pada tahun 2009, sehingga spesies ini hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di wilayah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. (Fernando et al. 2006; Rahmat et al. 2008).


Sumber Artikel (Klik Here)
Labels: Badak Jawa

Thanks for reading Klasifikasi dan Distribusi Badak Jawa . Please share...!

0 Comment for "Klasifikasi dan Distribusi Badak Jawa "

Back To Top