Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Orangutan (Pongo sp.)

Orangutan (Pongo sp.) adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berambut kemerahan atau coklat, yang hidup di hutan tropika Indonesia dan Malaysia, khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatera (Anonim 2010). Istilah "orangutan" diambil dari bahasa Melayu, yang berarti manusia (orang) hutan (Rijksen 1978). Orangutan termasuk satwa yang sangat unik, endemik dan sangat dilindungi. Satwa ini berperan penting dalam menjamin kelestarian hutan, karena satwa ini dikenal sebagai penyebar biji yang baik.

Selain itu, orangutan berperan penting dalam memajukan bidang penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan dan kesehatan manusia pada masa yang akan datang, karena secara filogenetik manusia dengan orangutan memiliki kesamaan sebesar 96.4% diantaranya dalam aspek kognitif, morfologi, reproduksi dan perilaku sosial (Heistermann et al. 1996; Beck et al. 2009). Sehingga hal ini menumbuhkan perhatian dan menarik minat untuk melakukan berbagai penelitian (Heistermann et al. 1996; Beck et al. 2009) antara lain: studi tentang fisiologi, perilaku, ekologi, evolusi, antropologi, dan obat-obatan (Shimizu 2005).


Orangutan memiliki postur tubuh mirip dengan keluarga kera besar lainnya. Dibandingkan dengan lengan yang panjang dan kuat, kaki orangutan lebih pendek, tidak memiliki ekor serta rambut berwarna coklat kemerahan. Beberapa peneliti mengatakan bahwa jenis rambut orangutan dapat dijadikan acuan untuk mengidentifikasi dan membedakan satu individu dengan individu lainnya berdasarkan warna dan alur tumbuhnya rambut (Rodman 1973; Groves 1999). Orangutan jantan dewasa memiliki tinggi badan 1.0-1.4 m, berambut coklat kemerahan, rentangan lengan 2.3 m, tidak memiliki ekor, ekstremitas depan lebih panjang dari belakang dan memiliki ibu jari yang bertolak belakang dengan posisi jari lainnya. Orangutan betina dewasa tinggi badan mencapai 1.0-1.2 m dengan bobot badan mencapai 50 kg (Warren et al. 2001). Dan pejantan dewasa dapat menampilkan suara untuk menandai wilayahnya dapat terdengar sampai radius l km (Galdikas 1984).

Labels: Orang Utan

Thanks for reading Orangutan (Pongo sp.). Please share...!

0 Comment for "Orangutan (Pongo sp.)"

Back To Top