Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Ayam Kampung

Pada umumnya ayam lokal Indonesia merupakan ayam yang sudah didomestikasi, tetapi belum diseleksi secara intensif dan dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu rumpun yang khas untuk suatu tujuan produk tertentu. Ayam lokal mempunyai keanekaragaman sifat genetik yang dimunculkan secara nyata dalam penampilan fenotipenya, seperti warna bulu, kulit, paruh dan daging, bentuk tubuh, jengger, bulu penutup, penampilan produksi, pertumbuhan dan reproduksinya (Sidadolog dan Sasongko, 1990). Keragaman karakteristik ayam lokal ditujukan untuk memberikan informasi dalam membangun tatalaksana pemeliharaan secara umum dan secara khusus (Iskandar, 1998).

Ayam Kampung merupakan keturunan ayam hutan (Gallus-gallus) yang berasal dari Asia Tenggara yang sebagian telah didomestikasi (Kingston, 1979). Menurut Mansjoer (1985) ayam Kampung mempunyai jarak genetik yang lebih dekat terhadap ayam Hutan Merah Jawa (Gallus-gallus bankiva) dibandingkan jarak kegenetikannya terhadap ayam Hutan Hijau (Gallus varius shaw). Hardjosubroto dan Astuti (1980) menyatakan bahwa ayam Kampung dianggap sebagai keturunan dari Red Jungle Fowl melalui domestikasi yang panjang. Ayam Kampung adalah salah satu spesies unggas lokal yang telah lolos seleksi alami, sehingga secara genetik mempunyai keunggulan beradaptasi dengan lingkungan Indonesia, terutama di pedesaan (Hardjosworo, 1995).

Menurut Martojo et al. (1995), sebagai ayam lokal Indonesia, ayam Kampung dikenal mempunyai potensi sebagai penghasil telur dan daging. Walaupun produktivitas ayam Kampung sebagai penghasil daging masih lebih rendah dibandingkan ayam Ras, namun dari harga daging dan telur ayam Kampung masih dapat bersaing. Peranan ayam Kampung khususnya bila ditinjau dari aspek ekonomi, sosial dan budaya cukup besar. Dari segi ekonomi ayam Kampung merupakan simpanan (tabungan) yang cukup berharga yang sewaktu-waktu diperlukan dapat disediakan dalam waktu singkat (Mansjoer, 1989).


Labels: Ayam Kampung

Thanks for reading Ayam Kampung . Please share...!

0 Comment for "Ayam Kampung "

Back To Top