Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Habitat Banteng

Menurut Alikodra (1990) habitat merupakan suatu tempat yang dapat memenuhi kebutuhan satwa yang digunakan untuk tempat mencari makan, minum, berlindung, bermain, dan berkembang biak. Alikodra (1983) menyatakan bahwa lingkungan hidup banteng yang paling ideal, terdiri atas komposisi hutan alam yang berfungsi sebagai tempat berlindung dan bersembunyi dari segala macam gangguan, baik cuaca, manusia maupun pemangsa. Padang penggembalaan digunakan sebagai tempat mencari makan, istirahat, mengasuh, dan membesarkan anaknya, serta melakukan hubungan sosial lainnya. Banteng membutuhkan sumber air tawar sebagai tempat minum, sedangkan hutan pantai atau payau digunakan sebagai daerah penyangga yang melindungi banteng dari pemburu. Daerah pantai digunakan sebagai tempat mencari garam yang dibutuhkan banteng untuk membantu pencernaan. Secara garis besar habitat memiliki tiga komponen utama, tempat yang menyediakan pakan, sumber air, dan cover atau ruang untuk tempat berlindung, mengasuh anak, dan berkembang biak.

Lekagul & McNeely (1977) menyatakan bahwa banteng menyukai habitat yang lebih terbuka dan lebih bersifat pemakan rumput (grazer) dari pada pemakan semak dan daun (browser). Menurut Alikodra dan Palete (1980), banteng sangat menyukai fungsi dan komponen lingkungan hidup yang meliputi:
1. Hutan alam primer dipergunakan banteng sebagai tempat berlindung dari serangan musuh/predator, tempat istirahat, tempat tidur dan tempat berkembang biak.
2. Padang rumput/savana, sebaiknya terletak pada daerah yang berbukit sampai datar serta dibatasi oleh hutan alam primer ke arah darat dan hutan pantai/payau ke arah laut.
3. Sumber air, yang berdekatan dengan padang rumput.
4. Hutan pantai atau hutan payau sebagai “buffer zone”, yaitu sebagai pencegahan intrusi garam ke arah darat dan tempat berlindung atau beristirahat.
5. Air laut, sangat penting untuk keperluan hidup guna mencukupi kebutuhan mineral bagi satwa banteng, sebagaimana yang dilakukan oleh beberapa herbivora besar.


Labels: Banteng

Thanks for reading Habitat Banteng . Please share...!

0 Comment for "Habitat Banteng "

Back To Top