Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Jenis Tembakau

Tanaman Tembakau (Nicotiana tabacum L.) termasuk dalam genus Nicotiana serta famili Solanaceae. Ada sekitar 54 galur atau varietas yang 29 dibudidayakan di Indonesia. Tembakau merupakan tanaman yang membutuhkan tanah yang mempunyai aerasi baik untuk pertumbuhan dan perkembangan akarnya. Jumlah daun pada setiap batang tembakau berkisar antara 28-33 lembar. Bentuk ketebalan, dan ukuran daun pada masing-masing posisi daun pada batang berbeda-beda.

Posisi daun pada batang yang letaknya makin ke atas, kandungan nikotin dan ketebalan daunnya makin meningkat. Kandungan karbohidrat tertinggi dijumpai pada daun tengah, makin ke atas dan makin ke bawah kandungan karbohirat makin rendah. Kandungan klorofil makin keatas makin tinggi dan makin stabil.

Menurut musimnya, tanaman tembakau di Indonesia dapat dipisahkan menurut dua jenis, yaitu :
1. Tembakau VO (Voor-Oogst)
Tembakau ini biasanya dinamakan tembakau musim kemarau atau onberegend. Artinya, jenis tembakau yang ditanam pada waktu musim penghujan dan dipanen pada waktu musim kemarau.

2. Tembakau NO ( Na Oogst)
Tembakau Na-Oogst adalah jenis tembakau yang ditanam pada musim kemarau, kemudian dipanen atau dipetik pada musim penghujan. Dalam industri rokok, dikenal 3 jenis daun tembakau, yakni daun pembungkus, daun pembalut, dan daun pengisi. Ketiga jenis daun tembakau tersebut dihasilkan dari jenis tembakau yang tidak sama.

Berdasarkan jenis daun yang dihasilkan, tembakau dibagi menjadi lima jenis (Cahyono, 2000) yakni :

1. Tembakau Cerutu
Jenis tembakau cerutu antara lain Tembakau Deli, tembakau Vorsteinland, tembakau Besuki, tembakau Cuba, tembakau Maryland. Tembakau cerutu umumnya berfungsi sebagai pembalut atau pengisi. Tembakau yang digunakan untuk mengisi cerutu ini biasa disebut juga tembakau nasi.

2. Tembakau Pipa
Tembakau pipa adalah jenis tembakau yang khusus digunakan untuk pipa bukan untuk pembuatan rokok cerutu ataupun rokok sigaret kretek. Penggunaannya untuk kenikmatan merokok adalah langsung ditempatkan pada bagian ujung pipa lalu dinyalakan dengan api dan diisap dengan batang pipa, yang tergolong tembakau pipa adalah tembakau Lumajang.

3. Tembakau Sigaret
Dalam industri rokok, tembakau sigaret digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok sigaret, baik sigaret putih maupun sigaret kretek. Yang tergolong jenis tembakau ini adalah tembakau Virginia, tembakau Oriental, Tembakau Burley, Tembakau Kasturi, Madura dan Payakumbuh.

4. Tembakau Asli/Rajangan
Jenis tembakau ini kebanyakan diusahakan oleh rakyat. Hasil panen umumnya diolah dengan cara dirajang, lalu dikeringkan dengan penjemuran matahari (sun curing). Pembudidayaannya mulai dari pembuatan persemaian, penanaman, dan pengolahan hasil sampai siap dijual di pasaran dilakukan oleh petani sendiri. Hasil tembakau rajangan kurang begitu diminati industri rokok karena kurang kualitas cita rasa dan aromanya.

5. Tembakau Asapan
Tembakau ini merupakan jenis tembakau yang daunnya diolah secara pengasapan. Jenis tembakau ini dibedakan menjadi dua, yakni tembakau musim penghujan (Na Oogst) dan tembakau musim kemarau (Voor Oogst)


Sumber Artikel (Klik Disini)
Labels: Tembakau

Thanks for reading Jenis Tembakau . Please share...!

0 Comment for "Jenis Tembakau "

Back To Top