Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Satwa Mangsa Harimau Sumatera

Sebagai predator, harimau memangsa berbagai jenis hewan, termasuk burung, reptilia, amfibia, ikan dan bahkan hewan invertebrata, namun kelas mamalia khususnya hewan ungulata merupakan pakan utamanya. Keberadaan hewan mangsa merupakan salah satu faktor penting bagi kehidupan Harimau Sumatera (Dinata dan Sugardjito, 2008). Pakan utama Harimau Sumatera adalah Rusa dan Babi Hutan. Dalam keadaan tertentu Harimau Sumatera juga memangsa berbagai jenis mangsa alternatif lain, seperti Kijang, Kancil, Beruk, Landak, Trenggiling, Beruang Madu dan Kuau Raja. Keberadaan harimau sangat dipengaruhi oleh keberadaan satwa mangsanya (Departemen Kehutanan, 2007).

Pada siang hari, kemungkinan harimau memangsa jenis-jenis yang melakukan aktivitas seperti Babi Hutan, Beruk dan Kijang, dan pada malam hari melakukan pemangsaan terhadap Rusa dan Kancil (Hutajulu, 2007). Babi sebagian besar aktif pada malam hari, tetapi juga secara periodik pada siang hari, terutama ketika cuaca sejuk. Beruk dan kijang adalah hewan yang aktif pada siang hari. Kancil aktif pada malam dan siang hari. Rusa aktif terutama pada malam hari, juga pada pagi hari dan menjelang petang (Payne dkk.,2000).

Keanekaragaman dan kepadatan hewan mangsa di hutan dengan ketinggian 100-600 mdpl lebih banyak dibandingkan di hutan dengan ketinggian 600- 1.700 mdpl. Semakin tinggi letak geografis habitat hutan semakin kecil variasi vegetasinya yang mempengaruhi pula kepadatan satwanya (Griffith, 1994). Pada habitat pegunungan dengan mangsa yang tersedia sangat terbatas dan hutan cukup rapat, luasan area 100 km2 hanya akan mampu menampung seekor harimau. Di habitat aslinya, sebagai akibat dari maraknya pembukaan hutan, secara langsung akan menurunkan ketersediaan sumber pakan bagi harimau, khususnya dari kelompok rusa dan babi (Semiadi dan Taufiq, 2006)


Labels: Harimau

Thanks for reading Satwa Mangsa Harimau Sumatera . Please share...!

0 Comment for "Satwa Mangsa Harimau Sumatera "

Back To Top