Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Analisis Risiko

Analisis risiko adalah alat yang menggunakan data, informasi dan pendapat ahli dari berbagai disiplin ilmu dan keterampilan, termasuk patologi, mikrobiologi, epidemiologi, statistika, kemungkinan permodelan dan ekonomi (Murray et al. 2005). Tujuan dari langkah analisis risiko adalah untuk memperoleh pemahaman risiko atau peluang untuk mengevaluasi informasi dan keputusan terhadap respon yang dibutuhkan.

Badan Kesehatan Hewan Dunia/Office International des Epizooties (OIE) mengadopsi Model Covello-Merkhofer untuk desain analisa risiko. Desain tersebut meliputi identifikasi bahaya, penilaian risiko, manajemen risiko, dan komunikasi risiko. Penilaian risiko adalah proses mengevaluasi kemungkinan dan konsekuensi biologis dan ekonomi terhadap masuknya, keberadaannya dan menyebarnya bahaya kedalam wilayah negara pengimpor. Penilaian risiko terdiri dari 4 komponen yaitu penilaian pelepasan, penilaian pendedahan, penilaian dampak, dan estimasi risiko (Sugiara dan Murray 2011).

Penilaian risiko dapat bersifat kualitatif atau kuantitatif. Penilaian risiko kualitatif tidak memerlukan keterampilan pemodelan matematis untuk pelaksanaannya dan penilaian ini lebih sering digunakan untuk pengambilan keputusan secara rutin (OIE 2013). Penilaian risiko kualitatif menyajikan data dengan alur yang logis dan membantu untuk menyimpulkan risiko menggunakan istilah seperti dapat diabaikan, rendah, sedang atau tinggi tanpa memberikan nilai dalam bentuk angka peluang dan biaya ataupun konsekuensi (EFSA 2006a).


Labels: Sosial Ekonomi Peternakan

Thanks for reading Analisis Risiko . Please share...!

0 Comment for "Analisis Risiko "

Back To Top