Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Hubungan Upacara jamuan Laut Dengan sistem Budaya Masyarakat Malayu Pantai Cermin.

Masyarakat Melayu Serdang di Pantai Cermin hidup dengan sederhana dengan bermata pencaharian nelayan di laut dan ada juga yang berladang, akan tetapi kebanyakan yang mencari penghasilan di laut, maka dari Upacara ritual Jamuan Laut sangat besar artinya dalam kehidupan masyarakat Melayu Serdang di Pantai Cermin.

Di dalam budaya masyarakat Melayu Serdang di Pantai Cermin apabila terjadi sesuatu yang sangat mengganjal atau semacam penyakit yang menyerang satu kampung maka dengan begitu masyarakat akan mengadakan tolak bala, ini berupa upacara untuk mengusir segala jenis penyakit yang ada pada masyarakat tersebut, dan hubungan antara upacara jamuan laut.

masyarakat Melayu Pantai Cermin mata pencaharian mereka adalah di laut , dan terkadang penghasilan yang di cari di laut terasa lambat laun mangkin berkurang, dan juga di rasa laut sudah tidak bisa menghasilkan lagi maka masyarakat Melayu Serdang di Pantai Cermin mengadakan upacara jamuan laut agar kekayaan dilaut mangkin berlimpah, dan masyarakat bisa mencari penghasilan di laut.

Salah satu kebudayaan masyarakat Melayu Serdang di Pantai Cermin adalah upacara Jamuan Laut karena mereka mempercayai bahwa penunggu laut itu ada dan agar penunggu laut itu tidak akan marah pada mereka maka masyarakat Melayu Serdang di Pantai Cermin membuat sebuah ritual Jamuan Laut agar penunggu laut ( jimbalang laut) tidak marah pada mereka dan juga penghasilan dari laut bertambah banyak.



Labels: Melayu

Thanks for reading Hubungan Upacara jamuan Laut Dengan sistem Budaya Masyarakat Malayu Pantai Cermin. . Please share...!

0 Comment for "Hubungan Upacara jamuan Laut Dengan sistem Budaya Masyarakat Malayu Pantai Cermin. "

Back To Top