Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pakan Ternak Kelinci

Pakan bagi ternak sangat besar peranannya. Pakan yang diberikan hendaknya memberi persyaratan kandungan gizi perananya. Pemberian pakan yang seimbang diharapkan dapat memberi produksi yang tinggi yang lengkap seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin, digemari ternak dan mudah dicerna (Anggorodi, 1994).

Pakan kelinci pada umumnya berupa umbi-umbian dan sayur-mayur serta tumbuhan lain. Kelinci merupakan hewan herbivora yang rakus. Hewan yang satu  ini tidak mengenal kata kenyang. Pasalnya, setiap makanan yang diberikan seperti  sayuran, rumput, umbi, biji-bijian, dan pelet pasti segera dilahapnya. Meskipun demikian, tetap harus memberi makanan kelinci secara teratur sesuai pola pemberian pakan. Pakan yang diberikan pun harus dipilih dan diperhitungkan agar
kelinci tidak mengalami gangguan pencernaan (Priyatna, 2011).

Untuk mendukung kecukupan gizi yang seimbang pemberian hijauan seimbang pemberian hijauan perlu diimbangi dengan konsentrat. Pada peternakan kelinci intensif hijauan diberikan 60-80%, sisanya konsentrat. Ada juga yang memberikan 60% konsentrat dan sisanya hijauan (Sarwono, 2007).

Pakan hijauan atau jerami yang berkualitas baik hendaknya selalu diberikan bersama konsentrat. Mengubah ransum kelinci hendaknya dilakukan secara bertahap selama 7 sampai 10 hari. Untuk melakukan hal tersebut, campurkanlah sedikit pakan yang baru pada pakan yang lama. Pakan lama itu sedikit demi sedikit dikurangi dan diganti yang baru sampai akhirnya seluruh pakannya adalah pakan baru setelah 7-10 hari (Blakely and Bade, 1998).


Labels: Kelinci, Pakan

Thanks for reading Pakan Ternak Kelinci . Please share...!

0 Comment for "Pakan Ternak Kelinci "

Back To Top