Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme bersel satu, tidak berklorofil, berkembang biak dengan membelah diri, dan ukurannya sangat kecil. Bakteri termasuk ke dalam golongan prokariot dengan dinding sel yang kompleks. Di sebelah luar dinding sel terdapat selubung atau kapsul. Di dalam bakteri tidak terdapat membran dalam (endomembran) dan organel bermembran seperti kloroplas dan mitokondria (Perdana, 2011).

Bakteri memiliki keragaman morfologi, ekologi dan fisiologis tinggi. Rentang lingkungan hidup bakteri sangat luas, mulai lingkungan yang sangat dingin di perairan Artik hingga lingkungan sangat panas seperti celah hidrotermal (hydrothermal vents) yang dapat mencapai suhu 100 o C, hingga saat ini baru sekitar 1% dari total bakteri di alam yang sudah dikenal. Di alam bakteri dapat bersifat saprofitik, fotosintetik, ototrofik, atau parasitik. Secara umum bakteri berkembang biak dengan pembelahan transfersal atau biner (Irianto, 2005).

Berdasarkan reaksi sel bakteri terhadap pewarnaan warna gram, bakteri dapat dikelompokkan menjadi bakteri gram negatif (terlihat berwarna pink atau merah) dan bakteri gram positif (terlihat berwarna biru). Kebanyakan bakteri pathogen ikan termasuk golongan gram negatif, seperti Aeromonas, Vibrio, dan Flexibacter. Bakteri dapat juga diklasifikasikan berdasarkan ukuran, kemampuan gerak, sifat koloni, reaksi fermentasi karbohidrat, pertumbuhan dalam media selektif. Bakteri yang mampu menyebabkan penyakit pada ikan (patogen) hampir selalu terdapat di air kolam, tambak atau di perairan umum dan laut, dipermukaan tubuh ikan dan pada bagian dalam tubuh ikan (usus atau organ dalam lainnya) (Kordi, 2004).




Labels: Bakteri

Thanks for reading Bakteri . Please share...!

0 Comment for "Bakteri "

Back To Top