Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Morfologi Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis)

Kuntul kerbau (Bubulcus ibis) merupakan burung terkecil dari bangsa kuntul-kuntulan (sekitar 50 cm). Burung ini suka mencari makanan di daerah area persawahan yang baru dibajak atau ditanami. Bentuk tubuhnya lebih ramping dari pada Blekok sawah (Ardeola speciosa), meskipun tidak seramping kuntul-kuntul yang lebih besar. Seluruh bulunya berwarna putih, tetapi selama musim kawin bulu-bulu pada kepala, leher, punggung dan dada berwarna kuning (Biodiversitas Indonesia, 2012). Gambar Kuntul Kerbau sebagai berikut:



Burung Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis) memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil bila dibandingkan dengan jenis kuntul lain. Panjang tubuh berkisar ± 50 cm, leher lebih pendek, kepala berbentuk bulat dan kelihatan lebih tebal, paruh lebih pendek dari pada jenis kuntul lainnya, sekitar 8,5-10 cm. Paruh dan tungkai kaki berwarna kuning. Pada musim berbiak bulu pada kepala, leher, punggung dan dada berwarna jingga atau merah karat sedang di luar musim tersebut seluruh bulu berwarna putih. Jenis hewan yang menjadi mangsanya sebagian besar adalah serangga dan hewan-hewan yang berukuran kecil seperti moluska, crustasea, amfibia dan reptilia. Hasil penelitian Hamidi menunjukkan bahwa makanan utama Bubulcus ibis terdiri atas serangga, katak, tikus, orong-orong dan udang (Elfidasari, 2008).

Habitat burung banyak terdapat pada mangrove, rawa, padang rumput dan persawahan. Kebiasaannya berkumpul mencari makan di padang rumput, persawahan serta bersarang secara koloni. Penyebarannya di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali (Ayat, 2011).

Sumber Artikel (Klik Here)


Labels: Burung

Thanks for reading Morfologi Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis) . Please share...!

0 Comment for " Morfologi Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis) "

Back To Top