Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Ukuran Tubuh sebagai Indikator Penilaian Produktifitas Ternak

Indikator penilaian produktifitas ternak dapat dilihat berdasarkan parameter tubuh ternak tersebut. Parameter tubuh yang sering dipergunakan dalam menilai produktifitas adalah tinggi badan, panjang badan, dan lingkar dada. Bobot badan juga merupakan indikator penilaian produktivitas dan keberhasilan manajemen peternakan (Blakely dan Bade, 1991). Bobot badan sapi merupakan salah satu indikator produktifitas ternak yang dapat diduga berdasarkan ukuran linier tubuh sapi (Kadarsih, 2003). Bobot badan dewasa sapi pedaging yang berbeda-beda akan menghasilkan tingkat kegemukan yang berbeda pada umur dan makanan yang sama (Parakkasi, 1999). Perbedaan bobot badan pada sapi dikarenakan adanya perbedaan pertambahan bobot badan harian, rataan pakan yang dikonsumsi masing-masing individu, jumlah pertambahan otot setiap hari, serta perbedaan jumlah lemak yang telah disimpan oleh tubuh. Perbedaan tersebut akan menjadikan komposisi tubuh ternak berbeda (Field, 2007).

Beberapa ukuran tubuh yang penting seperti tinggi gumba, lingkar dada dan panjang badan merupakan kriteria untuk menilai sapi. Ukuran tubuh tersebut dapat berperan dalam mengestimasi ternak secara praktis di lapangan sehingga dapat diketahui dengan mudah tingkat produktifitas ternak yang bersangkutan. Hasil penelitian Kadarsih (2003) memperlihatkan bahwa pada sapi bali yang berumur 7 bulan, ukuran panjang badan mempunyai peranan sangat nyata sebesar 35% dibanding ukuran tubuh lainnya. Pada umur 12 bulan dan 18 bulan pada sapi bali menunjukkan lingkar dada mempunyai peranan terhadap bobot badan secara sangat nyata (P<0 0="" 22="" 24="" 31="" 64="" 7="" adalah="" badan.="" badan="" bahwa="" bali="" berarti="" bertambah="" bobot="" bulan="" dada="" dalam="" dan="" dapat="" data="" determinasi="" dibanding="" digunakan="" dimana="" dipergunakan="" hal="" halnya="" ini="" jantan="" koefisien="" lain="" lainnnya.="" lingkar="" maka="" mempunyai="" menunjukkan="" meramalkan="" nilai="" nyata="" pada="" panjang="" peramalan="" peranan="" persamaan="" regresi="" sapi="" sebesar="" semakin="" span="" terhadap="" ternak="" tersebut="" tubuh="" ukuran="" umur="" untuk="" yang="">

Daftar Pustaka

Blakely, J. dan D. H. Bade. 1991. Ilmu Peternakan. Edisi Keempat. Terjemahan : B. Srigandono. Universitas Gadjah Mada Press., Yogyakarta.
Field, T. G. 2007. Beef Production and Management Decisions - Fifth Edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.
Kadarsih, Siwitri. 2003. Peranan ukuran tubuh terhadap bobot badan Sapi Bali di Propinsi Bengkulu. Jurnal penelitian UNIB, Vol.IX. Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Kadarsih, Siwitri. 2004. Performans Sapi Bali berdasakan ketinggian tempat di daerah transmigrasi Bengkulu : I. Performans Pertumbuhan. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Indonesia- Volume 6.
Parakkasi, Aminuddin. 1999. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminan. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.


Labels: Performa

Thanks for reading Ukuran Tubuh sebagai Indikator Penilaian Produktifitas Ternak . Please share...!

0 Comment for "Ukuran Tubuh sebagai Indikator Penilaian Produktifitas Ternak "

Back To Top