Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pengapuran Tanaman Cabai

Tanah di daerah yang basah bersifat masam karena pencucian kationkation (Ca2+, Mg2+, Na+ , K+ ) oleh air hujan kemudian digantikan oleh ion-ion H+ , Al3+, dan Al(OH)+ . Sebagian besar tanah yang menerima curah hujan lebih besar atau sama dengan 500 mm/tahun cenderung bersifat asam contohnya tanah ultisol. Tanah ultisol merupakan tanah dengan pencucian tinggi dan memiliki subsoil berupa liat. Selain itu penyebab tanah masam antara lain pelepasan H+ oleh akar tanaman, pelepasan asam organik selama proses dekomposisi (Gardiner dan Miller, 2004).

Teknik budidaya tanaman, untuk tanah-tanah yang bersifat masam membutuhkan pengapuran untuk meningkatkan pH terutama. Baik pemupukan maupun pengapuran untuk jenis tanah tersebut dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang optimum (Gardiner dan Miller, 2004). Pengapuran bertujuan untuk meningkatkan pH tanah dari tanah masam (pH<6 kemasaman="" memudahkan="" mencapai="" mendekati="" netral="" ph="7)." tanah="" unsur-="" untuk="" yang=""> unsur hara di dalam tanah terserap tanaman. Selain itu, penyakit-penyakit terbawa tanah akan lebih terkendalikan. Pengapuran juga akan menambah unsur hara kalsium yang diperlukan untuk pembentukan dinding sel tanaman (Prajnanta, 2004).

Unsur-unsur kapur yang biasa digunakan adalah kalsium dan magnesium karbonat, oksida, hidroksida, dan silikat. Jenis kapur yang paling banyak digunakan adalah kalsium karbonat dan kalsium karbonat ditambah dengan magnesium (dolomit). Dolomit (CaMg(CO3)2) merupakan jenis kapur yang kandungan magnesiumnya tinggi. Rata-rata komposisi yang terkandung dalam dolomit adalah 51% CaCO3, 34% MgCO3, 15% tanah dan campuran lainnya (Gardiner dan Miller, 2004).

 Sebagian besar tanaman tidak dapat mencapai hasil yang optimum pada tanah yang sangat masam karena kerugian yang dapat ditimbulkan oleh tanah masam antara lain: keracunan aluminium, mengurangi aktivitas mikroorganisme, keracunan mangan, keracunan besi, kekurangan kalsium, kekurangan magnesium, kekurangan Nitrogen, fosfor, dan sulfur yang disebabkan oleh lambatnya dekomposisi bahan organik, dan lain-lain (Gardiner dan Miller, 2004).

Selain itu tanah asam memperngaruhi keadaan tanah dan pertumbuhan tanaman. Tanaman yang tumbuh di media masam akan menghasilkan perakaran yang sedikit dan pendek (Sari dan Mattjik, 2004). Pengaruh kapur terhadap sifat fisik tanah sangat erat hubungannya dengan sifat biologi tanah. Agregasi zarah tanah yang semakin baik akibat pengaruh kapur akan mempengaruhi aerasi dan perkolasi di dalam tanah sehingga aktivitas biologi tanah semakin baik. Keadaan ini menyebabkan proses pelapukan bahan organik lebih cepat sehingga asam-asam organik banyak dihasilkan yang kemudian mengikat Al-dd (Wahyudin, 2006).


Labels: Cabai

Thanks for reading Pengapuran Tanaman Cabai . Please share...!

0 Comment for "Pengapuran Tanaman Cabai "

Back To Top