Gambaran Umum Kolesterol di Broiler

Posted by

Menurut Hembing (2006), kolesterol merupakan suatu senyawa lemak seperti lilin dan berwarna kekuningan. Sebagian besar kolesterol diperoleh dari hati, didalam tubuh kolesterol mempunyai fungsi penting yang diperlukan dalam beberapa proses metabolisme, seperti bahan untuk membentuk dinding sel, pembentuk hormon, pembungkus jaringan saraf, bahan pembentuk asam dan garam empedu yang berfungsi sebagai pengemulsi lemak. Dengan demikian kadar kolesterol normal mempunyai banyak manfaat, akan tetapi akan menjadi masalah jika kadarnya berlebih.

Kolesterol merupakan salah satu sterol hewani dan menyusun 17% bahan kering otak. Kolesterol dapat disintesa dari asetat dalam bahan asal dari asam kolat, penyusun asam empedu. Kolesterol berhubungan erat dengan keadaan aterosklerosis, dimana terdapat penimbunan bahan-bahan mengandung kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung. Namun demikian, penting untuk memperkenalkan bahwa kolesterol juga mempunyai peranan yang berguna (amat vital) untuk mempertahankan fungsi tubuh (Tillman, dkk., 1986)


Fungsi kolesterol dalam tubuh diperlukan dalam berbagai proses metabolisme. Misalnya, selain sebagai bahan pembentuk dinding sel, kolesterol juga dibutuhkan untuk membuat vitamin D. Kolesterol yang dikeluarkan dari hati ke jaringan otot untuk disimpan sebagai cadangan energi. Demikian juga pembuatan asam empedu yang digunakan untuk mengemulsi lemak (Susanto, 2006).

Hasil penelitian Nyoman (1997), kadar kolesterol darah broiler berkisar antara 149-193 mg/dl. Lebih lanjut Mangisah (2003), bahwa kadar kolesterol darah ayam normal berkisar antara 125-200 mg/dl. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah (Anonim, 2011b) yaitu:

1. Faktor genetik
Tubuh terlalu banyak memproduksi kolesterol. Seperti kita ketahui 80 % dari kolesterol di dalam darah diproduksi oleh tubuh sendiri. Ada sebagian orang yang memproduksi kolesterol lebih banyak dibandingkan yang lain. Ini disebabkan karena faktor keturunan. Pada orang ini meskipun hanya sedikit saja mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol atau lemak jenuh, tetapi tubuh tetap saja memproduksi kolesterol lebih banyak.

2. Faktor makanan
Dari beberapa faktor makanan, asupan lemak merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Lemak merupakan bahan makanan yang sangat penting, bila kita tidak makan lemak yang cukup maka  tenaga kita akan berkurang, tetapi bila kita makan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah. Bila kadar kolesterol di pembuluh darah tinggi, hal ini akan membuat diameter pembuluh darah menjadi sempit, (analogikan dengan selang air yang dinding dalamnya tertutup oleh lumut, maka aliran air tidak akan lancar). Pada keadaan yang berat terjadi sumbatan total dari pembuluh darah maka akan terjadi kerusakan organ, misalkan bila pembuluh koroner yang tertutup, maka terjadi serangan jantung, atau bila pembuluh darah otak yang tertutup akan terjadi stroke. HDL akan membawa kolesterol bebas dari pembuluh darah ke hati sehingga diameter pembuluh akan melebar, sedangkan bila kadar VLDL dan LDL tinggi maka akan terjadi hal sebaliknya yang akan memperberat penyempitan pembuluh darah.



Daftar Pustaka

Anonimb. Kolesterol dan Trigliserida. http://www.deherba.com/apakah-itu-trigliserida.html?print=1&tmpl=component. (11 Desember 2011).

Hembing. 2006. Mengendalikan Kolesterol Tinggi Dengan Herba Dan Pola Hidup Sehat. http://portal.cbn.net.id (11 Desember 2011).

Mangisah, I. 2003. Pemanfaatan Kunyit dan Temulawak Sebagai Upaya Menurunkan Kadar Kolesterol Broiler. File//A//Curcuma/kunyit/htm. (!7 Maret 2012).

Nyoman, I. S. 1997. Penagaruh penambahan bawang Putih Pada Kadar Kolesterol Broiler. Program Pasca Sarjana. IPB. Bogor

Tillman, Hartadi, Reksohadiprodjo, Prawirakusumo, dan Lebdosoekodjo. 1986. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gajah Mada University Press, Yogyakarta

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:37

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...