Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Trigliserida Pada Ayam Broiler

Trigliserida merupakan sejenis lemak yang proporsinya terbesar pada lemak dalam makanan, merupakan cadangan energi yang disimpan di dalam jaringan adiposa dan otot. Jika tubuh membutuhkan energi, maka trigliserida dilepaskan untuk dimetabolisme menjadi energi. Sementara kolesterol juga merupakan senyawa semacam lemak, terdapat didalam makanan dan didalan darah. Kolesterol dan trigliserida tidak larut di dalam darah sehingga diperlukan kendaraan untuk mengangkutnya yaitu lipoprotein (Anonim, 2011b).

Amrullah (2002), menyatakan bahwa trigliserida adalah lemak utama yang disimpan dalam jaringan tubuh ayam. Sekitar 95% trigliserida datang dari ransum dan 5% nya disintesis dalam tubuh. Selanjutnya Susanto (2006), menyatakan bahwa trigliserida adalah lemak yang berbentuk sebagai hasil dari metabolisme makanan. Bukan saja yang berbentuk lemak tetapi juga makanan yang berbentuk  karbohidrat dan protein yang berlebihan juga tidak seluruhnya dibutuhkan sebagai sumber energi.

Menurut Murtidjo (2003), lemak yang terdapat dalam daging ayam umumnya terdiri dari trigliserida (lemak netral), fosfolipid (sebagian besar berupa lesitin) dan kolestrol. Trigliserida dan fosfolipida berfungsi dalam penyediaan energi yang diperlukan untuk aktifitas sehari-hari. Selanjutnya Achmad (2008), menambahkan bahwa sebagian besar lemak dan minyak di alam terdiri atas 98-99 % trigliserida. Trigliserida adalah suatu ester gliserol. Trigliserida terbentuk dari 3 asam lemak dan gliserol. Fungsi utama trigliserida adalah sebagai zat energi. Lemak disimpan dalam tubuh dalam bentuk trigliserida. Apabila sel membutuhkan energi, enzim lipase dalam sel lemak akan memecah trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta melepasnya ke dalam pembuluh darah. Oleh sel-sel yang membutuhkan komponen-komponen tersebut kemudian dibakar dan menghasilkan energi, karbondioksida (CO2), dan air (H2O).

Tabel 2. Perbedaan kolesterol dan trigliserida (Anonim, 2011b) :

Kolesterol
Trigliserida
Kolesterol akan disimpan dalam jaringan hati atau dinding pembuluh darah
Trigliserida akan disimpan dalam sel lemak di bawah jaringan kulit.
Kolesterol berfungsi membangun sel-sel dan hormon-hormon tertentu dalam tubuh
Fungsi trigliserida adalah menghasilkan energi bagi tubuh.



Daftar Pustaka

Amrullah, I. K. 2002. Nutrisi Ayam Broiler. Lembaga Satu Gunungbudi. Bogor.

Anonimb. Kolesterol dan Trigliserida. http://www.deherba.com/apakah-itu-trigliserida.html?print=1&tmpl=component. (11 Desember 2011).

Murtidjo, B. A. 2003. Pedoman Beternak Ayam Broiler. Kanisius. Yogyakarta.

Susanto, H. 2006. Jaringan Kadar Kolestrol Tinggi. Harian Fajar, Makassar.
Labels: Biokimia Peternakan, fisiologi ternak, Nutrisi Ternak

Thanks for reading Trigliserida Pada Ayam Broiler. Please share...!

0 Comment for "Trigliserida Pada Ayam Broiler"

Back To Top