Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Probiotik dan Sinbiotik

Probiotik dan prebiotik yang diberikan secara bersama-sama dan memberikan efek menguntungkan bagi manusia yang mengonsumsinya disebut sebagai sinbiotik (Praja 2011). Ada pun probiotik berasal dari Bahasa Yunani yang artinya ‘untuk kehidupan’ (Reque et al. 2000). World Gastrointestinal Organisation mendefinisikan probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah cukup bersifat menguntungkan bagi kesehatan inangnya (Guarner 2008). Probiotik juga didefinisikan sebagai nmikroorganisme hidup yang merupakan bagian dari makanan dan memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan manusia (Kiani 2006).

Prebiotik adalah bahan pangan yang tidak tercerna, namun menguntungkan bagi inangnya dengan secara selektif menstimulasi pertumbuhan beberapa jenis bakteri di dalam saluran pencernaan manusia (Guarner 2008). Menurut International Scientific Associatioan of Probiotics and Prebiotics (ISAPP), suatu bahan pangan dapat diklasifikasikan sebagai prebiotik jika memenuhi beberapa persyaratan, yaitu tidak terdegradasi oleh asam lambung, enzim mamalia, maupun hidrolisis, dapat difermentasi oleh mikroflora usus, dan dapat merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik di usus. Salah satu contoh prebiotik yang biasa digunakan adalah fruktooligosakarida (FOS).

Kata sinbiotik berarti adanya sinergisme atau kerja sama. Keuntungan dari kombinasi ini adalah meningkatkan daya tahan hidup bakteri probiotik. Sinbiotik berperan dalam menjaga saluran pencernaan. Pada kasus diare akut, sinbiotik telah terbukti berpengaruh terhadap lama, konsistensi, dan volume diare anak-anak (Praja 2011).



Daftar Pustaka

Guarner F. 2008. Probiotics and prebiotics. World Gastroenterology Organisation Practice Guideline.

Kiani L. 2006. Bugs in our guts – not all bacteria are bad: how probiotics keep us healthy. CSA Discovery Guides [Internet]. [diunduh 2012 Januari 20]. Tersedia pada: http://www.csa.com/discoveryguides/discoveryguides-main.php

Praja D. 2011. The Miracle of Probiotics. Jogjakarta: Diva Press.

Reque E, Pandey A, Franco S, Soccol C. 2000. Isolation, identification, and physiological study of Lactobacillus fermentum LPB for use as probiotic in chickens. Brasilian Journal of Microbiology 31: 303-307.









Labels: Probiotik

Thanks for reading Probiotik dan Sinbiotik . Please share...!

0 Comment for "Probiotik dan Sinbiotik "

Back To Top