Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Produksi Gas Sistem Rumen In Vitro

Proses penguraian oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan-bahan organik terjadi secara anaerob. Pada prinsipnya proses anaerob adalah proses biologi yang berlangsung pada kondisi tanpa oksigen oleh mikroorganisme tertentu yang mampu mengubah senyawa organik menjadi gas. Semua jenis bahan organik yang mengandung senyawa karbohidrat, protein, lemak bisa diproses untuk menghasilkan gas (Bahrin dkk., 2011).



Produksi gas merupakan hasil proses fermentasi yang terjadi di dalam rumen yang dapat menunjukkan aktivitas mikrobia di dalam rumen serta menggambarkan banyaknya bahan organik yang tercerna. Selain itu produksi gas yang dihasilkan dari pakan yang difermentasi dapat mencerminkan kualitas pakan tersebut (Ella et al., 1997).





DAFTAR PUSTAKA


Bahrin, D., A.Destilia dan M.B.Pertiwi,. 2011. Pengaruh Jenis Sampah, Komposisi Masukan Dan Waktu Tinggal Terhadap Komposisi Biogas Dari Sampah Organik Pasar Di Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional AVoER ke-3. Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Ella,  A.  S. Hardjosoewignya,  T.  R.  Wiradaryadan  dan  M.  Winugroho.  1997.

Pengukuran Produksi Gas dari Hasil Proses Fermentasi Beberapa Jenis Leguminosa Pakan. Dalam : Prosiding Sem. Nas II-INMT Ciawi, Bogor.
Labels: In Vitro, Rumen

Thanks for reading Produksi Gas Sistem Rumen In Vitro. Please share...!

0 Comment for "Produksi Gas Sistem Rumen In Vitro"

Back To Top