Konsumsi dan Efisiensi Penggunaan Pakan Domba

Posted by

Konsumsi adalah faktor esensial yang merupakan dasar untuk hidup pokok dan menentukan produksi. Tingkat konsumsi adalah jumlah makanan yang terkonsumsi oleh hewan bila bahan makanan tersebut diberikan ad libitum, tingkat konsumsi ternak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks yang terdiri dari hewan, makanan yang diberikan dan lingkungan tempat hewan tersebut dipelihara (Parakkasi, 1999).

Konsumsi merupakan faktor yang penting dalam menentukan jumlah dan efisiensi produktifitas ruminansia, dimana ukuran tubuh ternak sangat mempengaruhi konsumsi pakan. Efisiensi penggunaan pakan merupakan perbandingan antara pertambahan bobot badan yang dihasilkan dengan jumlah pakan yang dikonsumsi. Card and Nesheim (1972) menyatakan bahwa nilai efisiensi penggunaan pakan menunjukkan banyaknya pertambahan bobot badan yang dihasilkan dari satu kilogram ransum.


Konsumsi diperhitungkan sebagai jumlah pakan yang dimakan oleh ternak; zat makanan yang dikandungnya akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup pokok maupun keperluan produksi ternak (Tillman et al. 1998). Tingkat konsumsi pakan dipengaruhi oleh faktor-faktor a) hewan itu sendiri b) makanan yang diberikan c) lingkungan tempat hewan dipelihara (Parakkasi, 1999).

Menurut Hamudikuwanda et al (2007) pemberian suplemen pakan berupa leguminosa pada domba dapat meningkatkan feed intake yang berdampak pada meningkatnya asupan bahan kering dan nitrogen, selain itu dapat mencegah penurunan bobot badan yang cukup signifikan, walaupun demikian, konsumsi leguminosa tidak dapat menjaga kestabilan bobot badan domba pada kondisi kualitas hijauan yang rendah. Asupan nutrien tergantung dari ketersediaan pakan dan jumlah pakan yang dikonsumsi, nutrien yang diperlukan domba antara lain adalah energi, protein, mineral, vitamin dan air (Gatenby, 1991).


Daftar Pustaka

Card, I. E. & M. C. Nesheim. 1972. Poultry Production. 11th Edition. Lea and Febnger Philadelphia, New York.
Gatenby, R. M. 1991. Sheep. Macmillan Education Ltd. London.
Hamudikuwanda, H., Baloyi, J. J & Ngongoni, N. T. 2008. The effect feeding forage legumes as nitrogen supplement on growth performance of sheep. Trop. Anim. Health Prod. 40:457–462.
Parakkasi, A. 1999. Ilmu Nutrisi Makanan Ternak Ruminan. UI Press, Jakarta.

Tillman, E., H. Hartadi, S. Reksohadiprodjo & S. Labdosoeharjo. 1998. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 15:00

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...