Sifat Kuantitatif Domba

Posted by

Sifat Kuantitatif Domba
Dalam menentukan domba yang mempunyai produktifitas tinggi, baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif maka peubah-peubah yang penting harus diketahui. Sifat yang perlu diketahui untuk kepentingan produksi dan reproduksi dan bisa menjadi ukuran dasar karakteristik suatu ternak adalah ukuran tubuh.

Menurut Doho (1994), ukuran-ukuran tubuh hewan mempunyai banyak kegunaan, dapat digunakan untuk menaksir bobot badan dan untuk memberi gambaran bentuk tubuh hewan sebagai ciri khas suatu bangsa.

Djagra (1994) menjelaskan bahwa pengetahuan mengenai ukuran-ukuran tubuh perlu dipelajari untuk menentukan bentuk fisik seekor ternak. Ukuran tubuh yang dimaksud adalah tinggi pundak, tinggi panggul, panjang badan, lingkar dada, dalam dada, lebar dada, lebar panggul, tinggi kanon dan sebagainya. Ukuran tubuh memiliki korelasi yang erat dengan bobot badan.

Doho (1994) menyatakan bahwa korelasi yang erat antara bobot badan dan setiap ukuran tubuh merupakan perwujudan dari adanya proses pertumbuhan yang terjadi pada hewan tersebut, karena untuk menjaga keseimbangan biologis maka setiap pertumbuhan komponen-komponen tubuh akan diikuti dengan meningkatnya ukuran-ukuran tubuh. Panjang badan, tinggi pundak dan lingkar dada adalah ukuran tubuh yang paling erat korelasinya dengan bobot badan ternak. Hal tersebut berarti ternak yang mempunyai tubuh besar akan mempunyai tinggi pundak, panjang badan, dan lingkar dada yang lebih besar, sehingga dapat dikatakan bahwa ukuran-ukuran tubuh dan berat badan merupakan ukuran penting dalam menilai sifat kuantitatif ternak yang akan digunakan untuk program seleksi.

Daftar Pustaka

Djagra, I. B. 1994. Pertumbuhan sapi Bali; Sebuah Analisis Berdasarkan Dimensi Tubuh. Majalah Ilmiah UNUD, 21 (39): 173-182.


Doho, S. R. 1994. Parameter fenotipik beberapa sifat kualitatif dan kuantitatif pada domba ekor gemuk. Tesis. Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 20:28

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...