Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pemakaian Limbah (Sludge) Biogas dari Kotoran Sapi sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Nila

Pakan mempunyai peran penting pada budidaya ikan karena penyediaan pakan merupakan komponen biaya tertinggi. Mahalnya harga pakan mempengaruhi kelangsungan usaha budidaya ikan, sekitar 60 % biaya produksi berasal dari pakan. Harga pakan mahal disebabkan sebagian bahan baku pakan masih mengandalkan impor, seperti tepung ikan, tepung kedelai, dan tepung pollard, sehingga perlu dicari alternatif bahan baku yang murah, tersedia sepanjang waktu, dan berkualitas.

Schmid (2007) menyatakan bahwa limbah biogas berupa padatan (sludge) jumlahnya sekitar 30% dari bahan kotoran sapi. Berdasarkan informasi dari lapang, pemakaian sludge biogas sebagai bahan pakan ikan sudah mulai dilakukan pembudidaya ikan dengan mencampurkan sludge biogas dan konsentrat pakan (1:1).


Limbah biogas dari kotoran sapi dapat digunakan sebagai bahan baku alternatif pengganti tepung pollard, karena mengandung kadar protein 17,08 %, lemak 0,81 %, karbohidrat 38,85 %, mudah didapat, murah, jumlah dan ketersediaannya terjamin sepanjang tahun. Harga 1 kg limbah biogas dari kotoran sapi Rp.500, sedangkan harga 1 kg tepung pollard Rp. 2900. Pemakaian limbah biogas dari kotoran sapi sebagai alternatif bahan baku pakan, telah dilakukan Utomo (2006), dan dikatakan bahwa sludge biogas dapat diterima oleh ikan nila Oreochromis niloticus. Penggunaan limbah biogas dari kotoran sapi sebagai alternatif bahan baku pakan ikan diduga masih dapat dikaji melalui formulasi dengan bahan baku lain untuk meningkatkan nilai nutrisi, serta palatability pakan.
Labels: Ikan Air Tawar, Perikanan

Thanks for reading Pemakaian Limbah (Sludge) Biogas dari Kotoran Sapi sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Nila. Please share...!

0 Comment for "Pemakaian Limbah (Sludge) Biogas dari Kotoran Sapi sebagai Sumber Bahan Baku Pakan Nila"

Back To Top