Keputusan konsumen untuk membeli biasanya berbeda antara yang
satu
dengan yang lain. Hal ini bergantung pada
faktor-faktor yang mempengaruhi proses
keputusan pembelian tersebut. Setiadi (2010) mengemukakan ada empat faktor utama yang mempengaruhi proses keputusan pembelian
konsumen, yaitu kebudayaan, sosial,
pribadi, dan psikologi dari pembeli. Sebagian besar adalah faktor-faktor yang
tidak dapat dikendalikan oleh pemasar tetapi harus benar-benar diperhitungkan.
oleh karena itu penting untuk membanhas pengaruh tiap faktor terhadap perilaku
pembelian.
Setiadi (2010) menjelaskan dengan lebih rinci keempat faktor
yang mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian tersebut di bawah
ini.
1. Faktor-faktor
Kebudayaan
·
Kebudayaan
Kebudaayaan merupakan faktor penentu yang
paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Bila makhluk–makhluk
lainnya bertindak berdasarkan naluri, maka perilaku manusia umumnya dipelajari.
·
Subbudaya
Setiap kebudayaan terdiri dari
subbudaya-subbudaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan
sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Subbudaya dapat
dibedakan menjadi empat jenis : kelompok nasionalisme, kelomok ras, dan area
geografis.
·
Kelas sosial
Kelas-kelas sosial adalah kelompok yang
relatif homogen dan bertahan lama dalam suatu masyarakat, yang tersusun secara
hierarki dan yang keanggotaannya mempunyai nilai, minat, dan perilaku yang
serupa.
2. Faktor-faktor
Sosial
·
Kelompok referensi
Kelompok referensi seseorang terdiri dari
seluruh kelompok yang mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung
terhadap sikap atau perilaku seseorang. Kelompok referensi dibagi menjadi
empat, yaitu : (1) kelompok primer, (2) kelompok sekunder, (3) kelompok aspirasi,
(4) kelompok diasosiatif.
·
Keluarga
Keluarga dibedakan menjadi dua kelompok
dalam kehidupan pembeli, yaitu keluarga orientasi dan keluarga prokreasi.
Keluarga orientasi merupakan orang tua seseorang dimana dari orang tualah
seseorang mendapatkan pandangan tentang agama, politik, ekonomi dan merasakan
ambisi pribadi nilai atau harga diri dan cinta. Sedangkan keluarga prokreasi
merupakan pasangan hidup anak-anak seseorang keluarga yang
merupakan organisasi pembeli yang paling
penting.
·
Peran dan status
Seseorang umumnya berpartisipasi dalam
kelompok selama hidupnya. Posisi seseorang dalam setiap kelompok dapat
diidentifikasi dalam peran dan status.
3. Faktor
Pribadi
·
Umur dan tahapan dalam siklus hidup
Konsumsi seseorang juga dibentuk oleh
tahapan siklus hidup keluarga. Beberapa penelitian terakhir telah
mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam siklus hidup psikologis.
·
Pekerjaan
Para pemasar berusaha mengidentifikasi
kelompok-kelompok pekerja yang memiliki minat di atas rata-rata terhadap produk
dan jasa tertentu.
·
Keadaan ekonomi
Keadaaan ekonomi terdiri dari pendapatan
yang dapat dibelanjakan, tabungan dan hartanya, kemampuan untuk meminjam dan
sikap terhadap membelanjakan uang.
·
Gaya hidup
Adalah pola hidup di dunia yang
diekspresikan oleh kegiatan, minat, dan pendapat seseorang. Gaya hidup juga
mencerminkan sesuatu di balik kelas social seseorang.
·
Kepribadian dan konsep diri
Adalah karakteristik psikologis yang brbeda
dari setiap orang yang memandang responsnya terhadap lingkungan yang relative
konsisten. Kepribadian merupakan suatu variabel yang sangat berguna dalam
menganalisis perilaku konsumen. bila jenis-jenis kepribadian dapat
diklasifikasikan dan memiliki korelasi yang kuat antara jenis-jenis kepribadian
tersebut dan berbagai pilihan produk atau merek.
4. Faktor-faktor
psikologis
·
Motivasi
Beberapa kebutuhan bersifat biogenik,
kebutuhan ini timbul dari suatu keadaan fisiologis tertentu, seperti rasa
lapar, haus, resah tidak nyaman. Adapun kebutuhan lain bersifat psikogenik,
yaitu kebutuhan yang timbul dari keadaan fisiologis tertentu seperti kebutuhan
untuk diakui, kebutuhan harga diri dan kebutuhan untuk diterima.
·
Persepsi
Adalah proses dimana seseorang memilih,
mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu
gambaran yang berarti dari dunia ini. Orang dapat memiliki persepsi yang
berbeda dari objek yang sama oleh karena itu pemasar harus bekerja keras
menyatukan persepsi produk yang ditawarkan kepada konsumen.
·
Proses belajar
Menjelaskan perubahan dalam perilaku
seseorang yang timbul dari pengalaman.
·
Kepercayaan dan sikap
Kepercayaan adalah suatu gagasan deskriptif
yang dimiliki seseorang terhadap sesuatu. Sedangkan sikap adalah evaluasi
keseluruhan terhadap objek.
Labels:
Sosial Ekonomi Peternakan
Thanks for reading Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian. Please share...!
0 Comment for "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian"