Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kebutuhan Lemak Ikan Lele Dumbo

Lemak merupakan bagian penting dari sumber energi dan asam lemak esensial. Lemak juga membantu dalam penyerapan fat-soluble vitamins. Lemak sebagian besar dari triacyl-glycerol yang dihidrolisis oleh enzim pencernaan untuk campuran asam lemak bebas dan 2-monoglycerides.

Senyawa tersebut kemudian diserap dan juga digunakan untuk sintesis berbagai komponen sel atau katabolisme untuk energi (NRC, 1993). Cho et al. (1983) dalam Hasibuan (2007) menyatakan bahwa lemak memegang peranan penting sebagai sumber energi dalam pakan ikan terutama untuk ikan karnivora dimana ketersediaan karbohidrat dalam pakan rendah. Channel catfish menunjukkan kemampuan dalam mensistesis sebagian besar asam lemak, namun secara nutrisi tidak ada tingkat lemak pakan yang paling baik kecuali yang menyediakan kebutuhan asam lemak esensial. Jarang ditemukan pada pakan komersial untuk fingerlings dengan kadar lemak melebihi 5-6%.

Kadar lemak sekitar 3-4% cukup dalam peramuan pakan, dengan sisanya 1-2% disemprotkan pada penyelesaian pembuatan pelet untuk mengendalikan kadar abu. Terlalu banyak kandungan lemak mengakibatkan gemuk berlebihan pada bagian perut dan jaringan otot. Hal tersebut berpengaruh pada hasil panen, kualitas dan proses penyimpanan produk (Webster dan Lim, 2002).



Labels: Perikanan

Thanks for reading Kebutuhan Lemak Ikan Lele Dumbo . Please share...!

0 Comment for "Kebutuhan Lemak Ikan Lele Dumbo "

Back To Top