Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kebutuhan Energi Ikan Lele Dumbo

Energi merupakan pelepasan selama oksidasi metabolik dari karbohidrat, lemak dan asam amino. Kebutuhan energi yang tepat pada hewan dapat dilihat secara kuantitatif dengan pengukuran konsumsi oksigen atau produksi panas. Tetapi, estimasi pemberian pakan harus sudah ditentukan dari performance 9 hewan dengan materi pakan yang jumlah ketersediaan energinya dapat dihitung (NRC, 1993).

Secara kuantitatif energi merupakan komponen sangat penting dalam pakan, karena jumlah pakan yang masuk secara ad libitum sebagian besar diatur oleh konsentrasi energi pakan. Karena catfish bukan secara khusus diberikan pakan secara ad libitum, jumlah pakan yang masuk mungkin lebih berguna daripada konsentrasi energi pakan kecuali jika pakan diberikan at satiation.

Meskipun mungkin pakan yang masuk pada catfish tidak diatur secara sempurna oleh konsentrasi energi pakan, namun keseimbangan energi pakan sangat penting dalam hubungannya dengan kandungan nutrien pakan saat penyusunan formulasi pakan. Hal ini sangat mendasar karena defisiensi dari energi nonprotein dalam pakan akan berakibat lebih banyak protein yang dimanfaatkan untuk energi. Namun jika kandungan energi pada pakan berlebihan, pakan yang masuk mungkin mengakibatkan penurunan dalam pemasukan nutrisi esensial (Tucker dan Hargreaves, 2004).

Protein dan energi harus tetap dalam keseimbangan. Kekurangan atau kelebihan Digestible Energy dalam pakan dapat mengurangi rasio pertumbuhan ikan. Jika kekurangan energi dalam pakan artinya protein digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi pemeliharaan sebelum digunakan untuk tumbuh. Kebalikannya jika pakan mengandung berlebihan energi akan mengurangi konsumsi pakan kemudian sedikit pemasukan dari jumlah protein dan nutrisi esensial lainya untuk pertumbuhan maksimal (NRC, 1993).

Sumber Artikel (Klik Here)


Labels: Perikanan

Thanks for reading Kebutuhan Energi Ikan Lele Dumbo . Please share...!

0 Comment for "Kebutuhan Energi Ikan Lele Dumbo "

Back To Top