Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kebutuhan Protein Ikan Nila

Protein merupakan kumpulan asam amino yang dihubungkan oleh ikatan peptida (NRC 1993), dimana sekitar 65-75 % dari tubuh ikan dalam berat kering merupakan protein (Halver 1989). Ikan menggunakan protein secara efisien sebagai sumber energi (Lovell 1989). Selain itu, hewan akuatik membutuhkan protein untuk mempertahankan metabolisme tubuh (maintenance) seperti mengganti jaringan yang rusak dan membentuk jaringan yang baru atau pertumbuhan dan reproduksi (Millamena dalam SEADFEC, 2002).

Jika ikan kekurangan sumber protein, maka pertumbuhan akan terhambat dikarenakan protein yang dimakan oleh ikan akan digunakan untuk mempertahankan fungsi jaringan tubuh yang lebih penting. Hal ini bahkan dapat menyebabkan terjadinya penurunan bobot ikan karena protein yang terkandung dalam jaringan tubuh ikan dipecah kembali untuk mempertahankan fungsi jaringan tubuh yang lebih penting tersebut (NRC 1993; Halver 1989). Kandungan protein yang optimal pada pakan ikan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keseimbangan antara protein dan energi, komposisi asam amino, dan kecernaan protein (Halver 1989).

Tingkat kebutuhan protein optimum pada pada ikan nila (ukuran di atas 40 gr) diduga berkisar antara 27,5 – 35% (Jauncey and Roses, 1982 dalam Webster dan Lim, 2002). Pada praktiknya kandungan protein pakan yang digunakan untuk pembesaran ikan nila berkisar antara 25-35%. Sedangkan pada kolam atau tambak yang memiliki pakan alami yang dapat menyumbangkan protein bagi ikan, maka kadar protein dalam pakan yang memadai untuk ikan dapat berkisar antara 20-25% (Newman, et.al. 1979: Lovell, 1980 dalam Webster dan Lim, 2002)

Sumber :

Halver JE. 1989. Fish Nutrition. Second Edition. Academy Press Inc, New York.
Lovell T. 1989. Nutrition and Feeding of Fish. Van Nostrand Reinhold, New York.
Lovell, T. 1998. Nutrition and Feeding of Fish, Second Edition. Kluwer Academic Publisher. USA. (http://books. google.co.id/books?id=2nYaKaddKfkC&printsec=frontcover&dq= Lovell+Nutrition +and+feeding+fish&ei=m9QIS8-IDJLUkwSj9-HSCQ#v=onepage &q=teleost&f=false). [November 2009]
Millamena, Oseni M.. 2002. Introduction to Nutrition in Tropical Aquaculture. Dalam Nutriotion InTropical Aquac. Southeast Asian Fisheries Development Center. Tigbauanm Iloilo, Philippines.
National Research Council. 1993. Nutrien Requirement of Fish. National Academy Press, Washington DC.
Webster CD dan Lim C. 2002. Nutrien Requirement and Feeding of Finfish for Aquaculture. Aquaculture Research Center. Kentucky State University


Labels: Ikan Air Tawar, Perikanan

Thanks for reading Kebutuhan Protein Ikan Nila. Please share...!

0 Comment for "Kebutuhan Protein Ikan Nila"

Back To Top