Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Konversi Ransum Ayam Petelur

North dan Bell (1990) menyatakan, bahwa adanya peningkatan mutu genetik ternak mampu meningkatkan efisiensi ransum, karena adanya peningkatan terhadap pertumbuhan dan produksi ternak terhadap ransum yang dikonsumsinya. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi konversi ransum adalah kecepatan pertumbuhan atau produksi telur, kandungan energi dalam ransum, besar ayam, terpenuhinya zat nutrisi dalam ransum, temperatur lingkunan dan kesehatan ayam (Card dan Neisheim, 1979).

Konversi ransum juga dipengaruhi oleh bentuk ransum. Ransum yang berbentuk mash memiliki konversi yang lebih rendah dibandingkan dengan ransum yang berbentuk butiran. Menurut Anggorodi (1995), faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konversi ransum adalah temperatur lingkungan, daya cerna ransum, bentuk fisik dan konsumsi ransum.

Menurut Siregar (2003), konversi ransum sebesar 2,72 dan 2,33 pada ayam petelur selama 12 minggu produksi yang diberi ransum bentuk mash dengan kandungan protein kasar 15% dan 18%, serta energi metabolis sebesar 2.655 kkal/kg. Berdasarkan Isapoultry (2006), menyatakan bahwa konversi ransum ayam petelur strain ISA-brown adalah 2,13. Menurut Sterling et al.,(2003), konversi ransum ayam petelur tipe medium sebesar 2,08.

Sumber :
Anggorodi, R. 1995. Nutrisi Aneka Ternak Unggas. Gramedia. Jakarta.
Isapoultry. 2005. Layer Management guide. http:// www.isapoultry.com. [15 Maret 2006].
Neishem, M. C., R. C. Austic and L. E. Card. 1979. Poultry Production. 12th Ed. Lea and Febiger. Philadelphia.
North, M. O. and D. D. Bell. 1990. Commercial Chicken Production Manual. 4th Ed. Chapman and Hall. London.
Siregar, R. T. 2003. Pengaruh perubahan waktu pemberian ransum dengan berbagai level protein terhadap performans produksi ayam ras petelur. Skripsi. Fakultas Peternakan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Sterling, K. G., D. D. Bell, G. M. Pesti and S. E. Aggrey. 2003. Relationship among strain, performance, and environmental temperature in commercial laying hens. Journal of Applied Poultry Research 12: 85-91


Labels: Performa

Thanks for reading Konversi Ransum Ayam Petelur. Please share...!

0 Comment for "Konversi Ransum Ayam Petelur"

Back To Top