Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Penggunanan Tepung Kedelai di Pakan Ikan

Protein kedelai merupakan salah satu yang memiliki profil asam amino terbaik dari seluruh bahan pakan kaya protein nabati yang memenuhi kebutuhan asam amino esensial bagi ikan (Lovell, 1989). Beberapa ikan seperti salmon diketahui tidak cocok dengan tepung kedelai, sementara itu ikan yang lain, seperti Channel catfish, telah siap memakan pakan yang mengandung tepung kedelai lebih dari 50% (Robinson, 1991 dalam NRC, 1993).

Tepung kedelai adalah hasil setelah pemindahan minyak dari soya beans. Saat ini tepung kedelai adalah sumber protein paling penting bagi budidaya produktif dan sebagian atau seluruhnya dapat menggantikan tepung ikan. Tepung kedelai umum digunakan bukan hanya karena kandungan protein yang tinggi tetapi juga ketersediaannya di dunia.

Komposisi kimia dari tepung kedelai cukup konsisten. Kandungan protein kasar tepung kedelai sebesar 44%, namun tergantung dari kualitas kedelai. Faktor yang menyebabkan adanya variasi kandungan protein adalah tanah, pengolahan, kondisi cuaca dan musim selama masa pertumbuhan kedelai. Tepung kedelai adalah tepung berasal dari tumbuhan yang memiliki profil asam amino terbaik. Keterbatasan asam amino methionine dan cystine namun memiliki persediaan yang baik untuk arginine dan phenylalanine (Hertrampf dan Pascual, 2000).


Labels: Pakan, Perikanan

Thanks for reading Penggunanan Tepung Kedelai di Pakan Ikan. Please share...!

0 Comment for "Penggunanan Tepung Kedelai di Pakan Ikan"

Back To Top