Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Tepung Ikan Sebagai Sumber Protein Lele Dumbo

Tepung ikan dibuat dari sejumlah ikan berkualitas baik yang diolah sebaik-baiknya sebagai sumber protein kualitas tertinggi yang biasa dipakai untuk menghasilkan pakan ikan. Tepung ikan merupakan sumber yang kaya akan energi dan mineral, kecernaan yang tinggi, dan palatabilitas yang tinggi bagi sebagian besar ikan.

Tepung ikan terbuat dari sejumlah ikan yang mengandung 60-80% protein yang 80-95% dapat dicerna oleh ikan, selain itu tepung ikan mengandung lysine dan methionine yang tinggi, yaitu dua asam amino yang paling sedikit pada bahan pakan tumbuhan (Lovell, 1989). Namun tepung ikan juga memiliki kadar abu yang tinggi maka harus digunakan dengan hati-hati dalam pakan ikan karena bisa menghasilkan ketidakseimbangan mineral (NRC, 1993).

Tepung ikan merupakan sumber protein yang telah diadaptasi baik oleh ikan, selain sangat kaya akan asam amino esensial, profilnya juga sangat cocok untuk kebutuhan vertebrata terutama ikan. Kandungan lemak dari tepung ikan merupakan sumber energi yang sangat bermutu dan tinggi dalam rantai panjang poly-unsaturated fatty acids (PUFAs), yang mana essential fatty acids (EFAs) sangat penting bagi ikan. Bahan ini juga merupakan sumber mineral esensial (calium, phosporus, magnesium dan trace elements) dan vitamin (vitamin B12, A, D3, choline, inositol, dan beberapa lagi yang belum diketahui, kecuali ascorbic acid) yang sangat baik. Tepung ikan sering kali juga mengandung carotenoid.

Karakteristik tersebut memberikan alasan pemakaian tepung ikan yang berlimpah pada bahan pakan untuk akuakultur. Padahal tepung ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas dan mahal. Selain itu kebutuhan akuakultur akan tepung ikan di dunia juga dalam persaingan dengan bidang pertanian lainnya (Guillaume et al., 2001).


Labels: Ikan Air Tawar, Perikanan

Thanks for reading Tepung Ikan Sebagai Sumber Protein Lele Dumbo. Please share...!

0 Comment for "Tepung Ikan Sebagai Sumber Protein Lele Dumbo"

Back To Top