Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Sumber Protein Pakan Ikan Lele Dumbo

Secara praktis komposisi pakan ikan dibedakan dalam sumber protein, energi, lemak esensial, tambahan vitamin, tambahan mineral, dan komposisi khusus untuk mempercepat pertumbuhan, pigmentasi, perkembangan seksual, kelengkapan fisik, palatabilitas atau ketahanan pakan (Lovell, 1989). Karbohidrat, lemak, dan protein menjadi komponen pokok dari bahan pakan. Bahan organik makronutrien ini dapat digunakan secara langsung sebagai bahan bakar metabolik, dan dapat disimpan dalam tubuh untuk dimanfaatkan selanjutnya, atau ditumpuk dalam materi penyusun pertumbuhan somatik hewan (Houlihan et al., 2001).

Terdapat selang yang lebar dari berbagai bahan dapat digunakan dalam membuat pakan biota akuatik. Disamping nilai nutrisi, kekayaan fungsi dari penyusunnya juga menjadi pertimbangan. Seperti kemampuan menyerap air dan daya tahan pengikatan pelet, hal tersebut menjadi pengaruh yang penting dalam produksi dan kualitas fisik dari pakan (Houlihan et al., 2001). Salah satu alasan yang membedakan kandungan karbohidrat dari tumbuhan dan hewan adalah dinding sel tamanan yang terbuat dari karbohidrat dan selulosa yang tinggi, sedangkan dinding sel hewan terbuat dari protein dan lemak. Kemudian, tanaman menyimpan energi pada karbohidrat, seperti kanji (starch), sedangkan lemak adalah penyimpanan energi yang utama bagi hewan.

Protein adalah komponen mengandung nitrogen yang paling utama dan protein dapat dihadirkan dari keduanya yaitu protein hewani dan nabati (Houlihan et al., 2001). Tepung ikan secara umum dianggap sebagai sumber protein yang paling baik, karena tepung ikan memiliki profil asam amino esensial yang mirip dengan kebutuhan sebagian besar spesies bertulang keras, dan ketersediaan nutriennya yang tinggi (Houlihan et al., 2001). Meskipun bahan nabati semakin meningkat penggunaannya dalam pakan ikan, total penggantian tepung ikan oleh sumber protein nabati jarang berhasil, kadar sumber protein nabati yang terlalu tinggi juga menyebabkan penurunan pertumbuhan dan efisiensi pemanfaatan pakan yang kecil. Tepung kedelai telah diakui secara luas sebagai sumber protein nabati yang paling baik, tetapi kedelai mengandung beberapa faktor anti nutrisi.

Faktor anti nutrisi diantaranya trypsin inhibitor, secara perlahan dapat 4 dimusnahkan atau dinonaktifkan melalui pemanasan dan pengeringan. Tetapi faktor anti nutrisi lainnya seperti phytate, oligosaccharides raffinose, dan stachyose, menjadi berkurang pada prosedur proses pengolahan normal yang dipakai dalam produksi tepung. Pemusnahan faktor anti nutrisi yang tidak sempurna dapat mengurangi potensi dalam pemakaian formulasi pakan secara konvensional, dan telah banyak usaha yang dikeluarkan dalam memikirkan teknik pengolahan untuk memperbaiki nilai nutrisi dari kedelai (Houlihan et al., 2001).


Labels: Pakan, Perikanan

Thanks for reading Sumber Protein Pakan Ikan Lele Dumbo . Please share...!

0 Comment for "Sumber Protein Pakan Ikan Lele Dumbo "

Back To Top