Pemahaman tentang perilaku konsumen berkaitan dengan segala cara
yang dilakukan orang untuk mendapatkan barang konsumsi terkait dengan peran
mereka sebagai konsumen. Solomon (1992) menjelaskan perilaku konsumen adalah
ilmu yang mempelajari tentang proses pada saat seorang individu baik sendiri
maupun berkelompok, melakukan pembelian, penggunaan, atau pembuangan barang,
jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Tindakan
membeli ini terwujud pada pilihan-pilihan konsumen terhadap merek, atribut,
jumlah produk, tempat, waktu dan frekuensi pembelian Selain definisi yang
diungkapkan di atas, beberapa ahli juga memiliki definisi sendiri mengenai
perilaku konsumen. Misalnya Schiffman dan Kanuk (1994) mendefinisikan perilaku
konsumen sebagai perilaku yang memperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli,
menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan
dapat memuaskan kebutuhan mereka.
Sedangkan perilaku konsumen menurut Engel (1994) adalah
tindakan-tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan
menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan
mengikuti tindakan tersebut. Berdasarkan ketiga definisi perilaku konsumen di
atas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen merupakan segala bentuk
aktivitas orang-orang maupun konsumen untuk mendapatkan, menghabiskan,
mengkonsumsi barangbarang ekonomi dan jasa yang diharapkan akan memuaskan
kebutuhan mereka. Perilaku konsumen dalam prakteknya cenderung mengarah pada
perilaku yang berhubungan dengan pencarian, pembelian, dan penggunaan produk
atau jasa.
Menurut Setiadi (2010) dalam banyak hal, sikap terhadap produk
tertentu akan mempengaruhi apakah konsumen jadi membeli atau tidak. Sikap positif
terhadap produk tertentu akan memungkinkan konsumen melakukan pembelian
terhadap produk tersebut, tetapi sebaliknya sikap negative akan menghalangi
konsumen untuk melakukan pembelian.
Sumber :
Engel JE, Blackwell RD, Miniard PW. 1994. Perilaku Konsumen. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Binarupa Aksara.
Schiffman LG dan Kanuk LL. 1994. Consumer
Behaviour.New Jersey: Prentice Hall.
Solomon M. 1992. Consumer Behaviour: Buying, Having, and
Being. Boston: Allyn and Bacon.
Labels:
Sosial Ekonomi Peternakan
Thanks for reading Perilaku Konsumen . Please share...!
0 Comment for "Perilaku Konsumen "