Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Habitat dan Persebaran Tapir Asia di Indonesia

Dahulu, Tapir asia dapat ditemukan di seluruh hutan hujan dataran rendah di Asia Tenggara termasuk Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Burma, Thailand, dan Vietnam. Namun populasinya semakin lama semakin menurun. Saat ini, Tapir asia memiliki persebaran meliputi Myanmar, Thailand bagian selatan, Peninsular Malaysia, dan pulau Sumatera (Cranbrook dan Piper 2009).

Gambar 5 Persebaran habitat alami Tapir asia (Tapirus indicus)Sumber: Khan (1997)
Hewan ini dapat hidup dalam habitat rawa, dataran rendah, pegunungan, hutan perbukitan, hutan sekunder, semak lebat, dan perkebunan palem. Beberapa penemuan menyatakan bahwa tapir pernah terlihat di pinggir hutan, hutan primer, hutan sekunder, dan di beberapa perkebunan seperti kebun karet dan kebun palem (Santiapilai & Ramono 1990). Dalam laporan yang tercatat di Taman Nasional Kerinci Seblat, hewan ini dapat mencapai daerah dengan ketinggian 2300 m (Holden et al. 2003).

Menurut informasi Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (2007), populasi tapir di Lembaga Konservasi ex-situ di Indonesia tercatat 17 ekor yang tersebar di Taman Margasatwa Ragunan 4 ekor, Taman Safari Cisarua 5 ekor, Taman Safari Prigen 2 ekor, Kebun Binatang Gembira Loka 3 ekor, dan Kebun Binatang Taman Sari Bandung 3 ekor. Populasi di alam belum diketahui, namun diduga terus menurun.


Sumber Artikel (Klik Disini)
Labels: Tapir

Thanks for reading Habitat dan Persebaran Tapir Asia di Indonesia. Please share...!

0 Comment for "Habitat dan Persebaran Tapir Asia di Indonesia"

Back To Top