Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Habitat dan Penyebaran Owa Jawa (Hylobates moloch AUDEBERT 1797)

Habitat adalah suatu kawasan yang dapat memenuhi semua kebutuhan dasar dari suatu populasi. Kebutauhan dasar tersebut yakni kebutuhan terhadap sumber pakan, air dan tempat berlindung (Alikodra 2000). Secara spesifik, habitat owa jawa adalah hutan tropik, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan dengan ketinggian 0 – 1.600 m di atas permukaan laut (dpl) (Massicot 2006; Rinaldi 1999; CII 2000). Hutan hujan tropika di bawah ketinggian 1.500 m dpl merupakan habitat eksklusif bagi owa jawa (Kappeler 1981).

Habitat yang sesuai bagi owa jawa adalah:
(1) hutan dengan tajuk yang tertutup,
(2) tajuk pohon tersebut memilki cabang yang horizontal,
(3) habitat yang memilki sumber pakan yang tersedia sepanjang tahun (Kappeler 1984).

Owa jawa sangat jarang ke permukaan tanah, sebagian besar waktunya hanya di tajuk pohon bagian atas, sehingga kelangsungan hidupnya tergantung pada pohon sebagai pelindung dan sumber pakan (Kuester 2000). Kerusakan habitat owa jawa yang disebabkan oleh aktivitas manusia di sekitar hutan menjadi faktor utama penurunan populasi owa jawa. Akibat yang di timbulkan semakin sempit lahan hunian bagi owa jawa. Apabila habitat sudah terganggu akan menghambat kelangsungan hidup owa jawa. Indikator suatu habitat memiliki kondisi yang baik bagi owa jawa adalah dengan melihat tingginya terdeteksi owa jawa pada habitat tersebut. Semakin tinggi frekuensi terdeteksi maka semakin tinggi pula kepadatan populasi, sehingga menunjukkan semakin baik pula kualitas habitatnya. Indikator lain adalah semakin pendek jarak suatu kelompok terhadap kelompok lain, maka semakin baik kualitas habitatnya (Iskandar 2007). Habitat yang ideal bagi owa jawa adalah habitat yang dapat menyediakan sumber pakan sepanjang tahun dan pohon tempat tidur yang dapat melindungi dari predator.

Penyebaran owa jawa di pulau Jawa, yaitu pulau Jawa bagian kawasan Barat dan Tengah (Payne & Campbell 2007). Penyebaran owa jawa di Jawa Barat meliputi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Taman Nasional Gungung Halimun-Salak, Taman Nasional Ujung Kulon, Cagar Alam Gunung Simpang, Cagar Alam Leuweung Sancang, Hutan Lindung Gunung Salak, Hutan Lindung Gunung Papandayan, Hutan Lindung Gunung Wayang, Gunung Jayanti dan Gunung Porang. Di Jawa Tengah owa jawa tersebar di sekitar Hutan Lindung Gunung Slamet, Gunung Perahu dan Pegunungan Dieng (Nijman & Sozer 1995; CII 2000; Rinaldi 2003).

Download Full Artikel (Klik Disini)
Labels: Owa Jawa

Thanks for reading Habitat dan Penyebaran Owa Jawa (Hylobates moloch AUDEBERT 1797) . Please share...!

0 Comment for "Habitat dan Penyebaran Owa Jawa (Hylobates moloch AUDEBERT 1797) "

Back To Top