Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kucing

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau kesayangan, karena memiliki karakter yang unik dan berbeda dibandingkan dengan hewan kesayangan lainnya. Kucing adalah sejenis karnivora kecil dari famili felidae yang telah dijinakkan selama ribuan tahun (Suwed dan Budiana 2006).

Klasifikasi kucing menurut Linnaeus (1758) dalam Ereshefsky (2000) sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Superphylum : Deuterostomia
 Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Infraphylum : Gnathostomata
Superclass : Tetrapoda
Class : Mamalia
Ordo : Carnivora
Subordo : Feliformia
Famili : Felidae
Subfamili : Felinae
Genus : Felis
Spesies : Felis catus

Kucing peliharaan atau kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau memakan beberapa ribu spesies, tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia. Satu-satunya bahaya yang dapat timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi Rabies akibat gigitan kucing. Kucing dianggap sebagai karnivora yang sempurna dengan gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Tidak seperti karnivora lain, kucing hampir tidak makan apapun yang mengandung tumbuhan. Setiap kucing memiliki daerahnya sendiri (jantan yang aktif secara seksual memiliki daerah terbesar, sedang jantan steril memiliki daerah paling kecil) dan selalu terdapat daerah netral. Melihat perilaku kucing yang ada saat ini, kucing liar yang merupakan nenek moyang kucing peliharaan diperkiraan berevolusi pada iklim gurun. Kucing memiliki kekerabatan yang dekat dengan binatang gurun, membuat kucing memiliki ketahanan terbatas terhadap panas dan dinginnya iklim daerah subtropis. Kucing tidak tahan terhadap kabut, hujan dan salju meskipun ada beberapa jenis seperti Norwegian Forest Cat dan Maine Coon yang mampu bertahan dan berusaha mempertahankan suhu tubuh normalnya, yaitu 390C, dalam keadaan basah. Kebanyakan kucing tidak suka berendam di air, kecuali jenis Turkish Van (Suwed dan Budiana 2006).

Kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, kucing tertua diketahui berusia 36 tahun. Kucing peliharaan yang tidak diperbolehkan keluar rumah dan disterilkan dapat hidup lebih lama (mengurangi resiko perkelahian dan kecelakaan). Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya hidup selama dua tahun atau bahkan kurang dari itu (Anonim 2004a).


Labels: Hewan Peliharaan, Kucing

Thanks for reading Kucing. Please share...!

0 Comment for "Kucing"

Back To Top