Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Susu Kerbau

Susu merupakan hasil sekresi kelenjar ambing (mamae) yang berasal dari pemerahan pada mamalia dan mengandung lemak, protein, laktosa serta berbagai jenis vitamin (Susilorini, 2006). Susu mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin B, vitamin A dan vitamin D. Selain itu, susu juga merupakan sumber mineral dan kalsium (Varnam dan Sutherland, 1994). Mineral yang terdapat dalam air susu adalah Ca, P, Na, Zn, Mg, Cl, Fe, S, dan mineral essensial lainnya (Rahman et al., 1991).

Susu kerbau lebih banyak mengandung lemak dan protein dibandingkan susu sapi. Rasa susu kerbau lebih pekat karena mengandung lebih 16 % bahan kering (total solid) dibandingkan susu sapi yang hanya 12-14 %. Kadar lemak susu kerbau 50-60% lebih banyak dari susu sapi (6-8% vs 3-5%). Protein susu kerbau lebih banyak mengandung kasein, sedikit lebih albumin, dan globulin dari susu sapi (Sudono,1999).

Bahan-bahan dasar yang terdapat didalam susu kerbau antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Dari bahan dasar tersebut dapat dikembangkan bermacam-macam produk olahan susu yang mendasarkan pada ciri dan sifat bahan dasar tersebut. Selain hasil utama susu kerbau perah mempunyai hasil samping lainnya yakni gudel (keturunannya), kotoran dan daging setelah masa kehidupan produktifnya terlampaui (Mudgal, 1999).

Secara umum, komposisi susu kerbau sama dengan susu sapi dan ruminan lainnya, yakni air, protein, lemak, vitamin dan mineral, hanya saja dengan proporsi yang berbeda-beda. Susu kerbau umumnya lebih kaya lemak daripada susu sapi, sedangkan komponen gizi lainnya relatif sama. Meskipun demikian, susu kerbau memiliki ciri khas seperti ketiadaan karoten, sehingga membuat warna susu lebih putih daripada susu sapi (Murti, 2002).

Susu kerbau jauh lebih banyak mengandung lemak susu (butterfat) dari pada susu sapi, dimana kandungan lemaknya biasanya sampai 15 % dibawah kondisi pengelolahan yang baik. Susu kerbau dipakai untuk membuat makanan yang sama dengan makanan yang dibuat dari sapi seperti yogurht, manisan, ice cream dan berbagai tipe keju (Wiliamson dan Payne, 1993). Susu kerbau dapat diminum orang yang alergi minum susu sapi dan baik untuk orang yang mengalami gangguan sistem pencernaan.


Labels: Kerbau, Susu

Thanks for reading Susu Kerbau . Please share...!

0 Comment for "Susu Kerbau "

Back To Top