Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kandungan Nutrisi Indigofera zollingeriana.

Leguminosa pohon Indigofera sp. dapatdigunakan sebagai pakan basal ternak kambing pengganti rumput.Taraf penggunaan Indigofera sp.sebagai pakan basal berkisar antara 25-75% dari total BK pakan (Simanihuruk & Sirait 2009).

Pemanfaatan pelet Indigofera sp. Sebagai pengganti konsentrat padataraf 40% dari total ransum yang diberikan pada kambing Saanen dan PE dapat memperbaiki efisiensi pemanfaatan nutrien menjadi produk susu. Hal ini dapat dilihat dari jumlah konsumsi pakan harian,peningkatan nilai kecernaan pakan, serta peningkatan produksi susu harian kambing PE laktasi ke-2 dan kambing Saanen laktasi ke-3 (Apdini, 2011).

Kandungan serat kasar tertinggi dicapai pada kombinasi perlakuan cekaman kekeringan berat (25% KL) dan pemangkasan 120 hari, yaitu sebesar 29,35% dan terendah dicapai pada kombinasi perlakuan kontrol (100% KL) dan pemangkasan 60 hari yaitu sebesar 18,18% (Herdiawan, 2013).
Akbarillah et al. (2010) melaporkan bahwa penggunaan daun Indigofera segar 15% menurunkan konsumsi pakan, produksi telur, berat telur dan menaikkan konversipakan. Penggunaan Indigofera segar 10% masih baik pengaruhnya terhadap produksi telur, berat telur danperbaikan warna yolk.

Lemak yang didapatkan dari analisis lemak ini bukan lemak murni. Selain mengandung lemak sesungguhnya, ekstrak ether juga mengandung wax (lilin), asam organik, alkohol, dan pigmen oleh karena itu praksi ether juga menentukan lemak tidak sepenuhnya benar (Anggorodi, 1994).
Hassen et al. (2007) menyatakan bahwa Indigofera memiliki palatabilitas yang rendah pada musim hujan, tetapi akan meningkat setelah akhir musim kering ketika tajuk kedua siap untuk dipanen.

Kandungan nutrisi tanaman sangat dipengaruhi oleh tingkat kesuburan media tanam dan beberapa factor daya dukung lingkungan biotik. Kandungan NDF, Ca, P, Mg, Zn, Mn, dan PK cenderung mengalami peningkatan selama musim semi dan mengalami penurunan selama musim gugur. Hasil penelitian menunjukkan indikasi bahwa spesies I. zollingeriana mengandung Ca, Mg, Zn dan Mn yang sangat diperlukan oleh ternak ruminansia untuk produksi daging, wool dan susu (Herdiawan, 2013).

Agustina (2004), bahwa komponen utama berbagai senyawa didalam tubuh tanaman yaitu: asam amino, amida, protein, klorofil, dan alkaloid 40-45% protoplasma tersusun dari senyawa yang mengandung N. Pemberian pupuk yang diperkaya fermentasi urin sangat menunjang kandungan N sehingga mampu meningkatkan persentase lemak kasar.


Sumber Artikel (Klik Here)

1 Comment for "Kandungan Nutrisi Indigofera zollingeriana. "

Back To Top