Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Kebutuhan Ternak Kelinci

Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan kerja sistem tubuh kelinci, pakan yang diberikan harus memiliki kandungan gizi yang baik dan seimbang. Hal tersebut dapat dicapai salah satunya dengan cara pemberian pakan yang bervariasi. Pakan yang diberikan untuk kelinci sedikitnya mengandung unsur gizi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, serat kasar, kadar garam, mineral dan air. Pemberian air yang cukup juga dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh kelinci. Karena itu sebaiknya pemberian air minum bagi kelinci jangan sampai telat atau kehabisan (Masanto dan Agus, 2010).

Pakan bagi ternak sangat besar peranannya. Pemberian pakan yang seimbang diharapkan dapat memberikan produksi yang tinggi. Pakan yang diberikan hendaknya memiliki persyaratan kandungan gizi yang lengkap seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin, digemari ternak dan mudah dicerna (Anggorodi, 1990).

Di peternakan kelinci intensif, pakan hijauan diberikan berkisar 60-80%, sisanya konsentrat. Ada juga yang memberikan 60% konsentrat kemudian sisanya hijauan. Pemberian hijauan sekitar 650-750 gram hijauan/ekor/hari. Bila hijauan dipakai, hendaknya hanya diberikan kepada anak-anak kelinci yang telah berumur > 3 bulan serta kelinci dewasa, pada tingkat 1,5% dari bobot badannya (Sarwono, 2009).


Labels: Kelinci

Thanks for reading Kebutuhan Ternak Kelinci . Please share...!

0 Comment for "Kebutuhan Ternak Kelinci "

Back To Top