Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Teknologi Pengolahan Pakan Berbentuk Pelet

Peletmerupakan jenis pakan berbentuk padat yang terdiri atas campuran dari berbagai jenis bahan pakan. Beberapa komponen penyusun pelet khusus kelinci ini diantaranya ampas tahu, bekatul, jagung, biji-bijian atau kacang-kacangan dan pakan hijauan. Karena kandungan gizinya yang cukup lengkap, peletdapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi kelinci. Penggunaan pakan pelet juga lebih praktis dan dapat membuat kandang tetap terjaga kebersihannya (Priyatna, 2011).

Pelet adalah ransum yang dibuat dengan menggiling bahan baku yang kemudian dipadatkan menggunakan die dengan bentuk, diameter, panjang dan derajat kekerasan yang berbeda. (Pond et al., 1995). McEllhiney (1994), menyatakan bahwa pelet merupakan hasil proses pengolahan bahan baku ransum secara mekanik yang didukung oleh faktor kadar air, panas dan tekanan.

Kualitas pelet dapat diukur dengan mengetahui kekerasan pelet (hardness) dan daya tahan pelet dipengaruhi oleh penambahan panas yang mempengaruhi sifat fisik dan kimia bahan pakan (Thomas dan Van der Poel, 1997).




Labels: Pakan, Teknologi Pakan

Thanks for reading Teknologi Pengolahan Pakan Berbentuk Pelet . Please share...!

0 Comment for "Teknologi Pengolahan Pakan Berbentuk Pelet "

Back To Top