Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pengaruh Pupuk Terhadap Kesuburan Tanah

Penggunaan kompos sebagai pupuk sangat baik karena dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya menyediakan unsur hara mikro bagi tanaman, menggemburkan tanah, memperbaiki struktur dan tekstur tanah, meningkatkan daya ikat tanah terhadap air, memudahkan pertumbuhan akar tanaman, menghemat pemakaian pupuk kimia (Hadisumitro, 2009).

Bahan organik tanah merupakan salah satu bahan pembentuk agregat tanah, yang mempunyai peran sebagai bahan perekat antar partikel tanah untuk bersatu menjadiagregat tanah, sehingga bahan organik penting dalam pembentukan struktur tanah. Pengaruh bahan organik terhadap sifat fisika tanah yang lain adalah terhadap peningkatan porositas tanah. Porositas tanah adalah ukuran yang menunjukkan bagiantanah yang tidak terisi bahan padat tanah yang terisi oleh udara dan air (Atmojo, 2013).

Hasil penelitian menunjukkan, penambahan bahan humat 1 persen pada latosol mampu meningkatkan 35,75 % pori air tersedia dari 6,07 % menjadi 8,24 % volume (Herudjito, 1999). Dengan demikian akanmeningkatkan pori yang dapat terisi udara dan menurunkan pori yang terisi air, artinya akan terjadi perbaikan aerasi untuk tanah lempung berat. Terbukti penambahan bahanorganik (pupuk kandang) akan meningkatkan pori total tanah dan akan menurunkanberat volume tanah (Wiskandar, 2002).


0 Comment for "Pengaruh Pupuk Terhadap Kesuburan Tanah "

Back To Top