Mortalitas Pada Broiler

Posted by

Mortalitas ialah angka kematian ayam yang terjadi dalam satu kelompok kandang. Angka mortalitas merupakan perbandingan antara jumlah seluruh ayam mati dan jumlah ayam total yang dipelihara (Bell dan Weaver, 2002). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat mortalitas antara lain bobot badan, tipe ayam, iklim, kebersihan, suhu lingkungan, sanitasi peralatan, dan kandang serta pernyakit.

Penyakit salah satu penyebab tingginya angka kematian pada ayam pedaging
Menurut Wahyono (2009), faktor penyebaran penyakit pada unggas dapat terjadi secara vertikal dan horizontal yang memerlukan pengawasan yang ketat dan perlu perhatian yang lebih jika terjadi infeksi (penyakit). Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam pengobatan meliputi umur ayam, jenis dan dosis antibiotik yang digunakan untuk mengobati ayam.

Pemeliharaan ayam broiler dinyatakan berhasil jika angka kematian secara keseluruhan kurang dari 5%. Angka mortalitas dipengaruhi oleh umur. Ayam broiler umur 5-8 minggu memiliki tingkat mortalitas yang lebih tinggi dibandingkan umur 2-4 minggu (Bell dan Weaver, 2002). Penggunaan antibiotik Zinc bacitracin dapat menurunkan tingkat kematian ayam broiler sebesar 2,5% (Mujiasih, 2001). Penambahan herbal dapat meningkatkan daya tahan broiler sehingga mengurangi kematian. Penambahan tepung kencur dan bawang putih tidak mengakibatkan kematian selama penelitian (Bintang dan Jarmani, 2006). Dewi (2007) melaporkan bahwa penambahan herbal medicine berupa tepung daun pepaya dan tepung kunyit dapat menurunkan tingkat kematian ayam broiler sebesar 5%.


Daftar Pustaka

Bell, D. D. and W. D. Weaver Jr. 2002. Commercial Chicken Meat and Egg Production. 5th Ed. Springer Science Business Media, Inc., New York.
Bintang, I. A. K. dan S. N. Jarmani. 2006. Penggunaan kencur (Kaempferia galanga L.), bawang putih (Akkium sativum L.) dan kombinasinya dalam pakan broiler. Dalam: Prosiding Lokakarya Nasional Inovasi Teknologi dalam Mendukung Usahaternak Unggas Berdayasaing. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Hal: 53-57.
Dewi, F. K. 2007. Pengaruh pemberian tepung kunyit dan tepung daun pepaya dalam ransum terhadap performa, persentase karkas dan lemak abdominal ayam broiler yang mengalami cekaman panas. Skripsi. Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Mujiasih. 2001. Performa ayam broiler yang diberi antibiotik Zinc bacitracin, probiotik Bacillus sp. dan berbagai level Saccharomyces cerevisiae dalam ransumnya. Skripsi. Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Wahyono, A. 2009. Optimalkan program kesehatan unggas, investasi aman peternak senang. http://www.vet-indo.com. [10 April 2009]


loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:26

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...