Domestikasi Domba

Posted by

Domba sejak zaman dulu sudah mulai diternakkan orang. Ternak domba yang ada saat ini merupakan hasil seleksi berpuluh-puluh tahun, dan pusat domestikasinya diperkirakan berada dekat dengan laut kaspia yang tepatnya berada di daerah Stepa Aralo-Caspian sejak massa neolitik. Peternakan domba ini kemudian berkembang ke arah timur yaitu sub-kontinen India dan Asia tenggara, ke Barat yaitu ke arah Asia Barat, Eropa dan Afrika, kemudian ke Amerika, Australia dan Kepulauan tropik Oceania (Tomaszewska et al., 1993).

Domba Liar Moufflon 
Domba yang dikenal di seluruh dunia sekarang ini berasal dari keturunan domba liar, yaitu Moufflon atau Ovis Musimon; Argali atau Ovis Ammon; Urial atau Ovis Vignei dan Ovis Arkel. Domba-domba tersebut didomestikasi, tetapi menurut Tomaszewska et al., (1993) yang didomestikasi terlebih dahulu adalah kambing kemudian baru domba. Bangsa domba secara umum diklasifikasikan berdasarkan atas hal-hal tertentu, diantaranya berdasarkan perbandingan banyaknya daging atau wol, ada tidaknya tanduk atau berdasarkan asal ternak (Kammlade dan Kammlade, 1955).

Domba diklasifikasikan menurut Blakely dan Bade (1992) adalah sebagai berikut :
Kingdom    : Animalia
Phylum      : Chordata
Class         : Mamalia
Ordo         : Artiodactyla
Family       : Bovidae
Genus        : Ovis
Species      : Ovis aries

Domba yang ada di Indonesia untuk saat ini diperkirakan asal-usulnya adalah berasal dari pedagang-pedagang yang melakukan aktivitas membeli rempah-rempah di Indonesia pada zaman dahulu. Pedagang tersebut pada umumnya berasal dari Asia Baratdaya, dan domba yang ada tersebut pada umumnya termasuk bangsa Ekor Gemuk.



Daftar Pustaka

Blakely, J. & D. H. Bade. 1992. Ilmu Peternakan. Edisi Keempat. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Kammlade, W. G., Sr. & W. G., Yr. Kammlade. 1955. Sheep Science. Lippicot Co. New York.

Tomaszewska, M. W., I. M. Mastika, A. Djajanegara, S. Gardiner & T. R. Wiradarya. 1993. Produksi Kambing dan Domba di Indonesia. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 21:37

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...