Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persentase Karkas

Posted by

Murtidjo (1987) menyatakan, karkas broiler adalah daging bersama tulang ayam setelah dipisahkan dari kepala  sampai batas pangkal leher, dari kaki sampai lutut serta isi rongga perut.

Soeparno (1992) menyatakan, karkas adalah berat tubuh ternak potong setelah pemotongan dikurangi kepala, darah serta organ-organ internal, kaki dan bulu.  Selanjutnya dikatakan pula pada ayam ginjal dan paru-paru masih termasuk karkas. 

Williamson and Payne (1978) menyatakan, faktor yang mempengaruhi karkas adalah bangsa, jenis kelamin, umur, berat badan dan makanan.  Umur berpengaruh terhadap berat karkas yang disebabkan oleh adanya perubahan alat-alat tubuh terutama penambahan dari lemak karkas.  sedangkan Waskito (1981) menyatakan, faktor lain yang mempengaruhi persentase karkas adalah lemak abdominal dimana apabila semakin tinggi lemak abdominal maka persentase karkas akan semakin menurun

Masalah terbentuknya karkas yang baik dengan persentase yang memenuhi standar mutu, juga sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan setempat, tatalaksana pemeliharaan, mutu makanan yang diberikan, serta cara melakukan pengendalian penyakit.  Oleh karena itu setiap usaha peternakan broiler harus melaksanakan tatacara beternak yang baik  (Irawan, 1996). 

Rasyaf (1987) menyatakan, selama pengolahan yaitu bentuk hidup hingga berbentuk karkas akan terjadi kehilangan berat hidup kurang lebih sepertiga atau dengan kata lain berat karkas nantinya kurang lebih dua pertiga dari berat hidupnya.  Itu disebabkan karena bagian bulu, kaki, cakar, leher, kepala, isi perut dan ekor dipisahkan dari bagian tubuh, sehingga yang dinamakan karkas itu hanya daging tubuh, dan paha (sudah tentu termasuk tulang).  Persentase berat karkas itu sendiri adalah 75% dari berat hidup broiler.


Daftar Pustaka

Irawan, A.  1996Ayam-ayam Pedaging Unggul.  Penerbit CV.Aneka , Solo.
Murtidjo, B.A. 1987.  Pedoman Beternak Ayam Broiler.  Cetakan pertama.  Kanisius, Yogyakarta.
Rasyaf.  1987.  Beternak Ayam Pedaging.  Penebar Swadaya, Jakarta.
Soeparno, 1992.  Ilmu dan Teknologi Daging.  Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Waskito, D.M. W. 1981. Pengaruh berbagai faktor lingkungan terhadap gala tumbuhan ayam-ayam broiler. Disertasi. Universitas Padjajaran, Bandung.
Williamson, G and W. J. Payne.  1978.  An Introduction to Animal Husbandry in the Tropic.  3rd Ed.  Longman Group London.



loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:20

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...