Lemak Karkas Broiler

Posted by

Menurut Mc Donald et al. (2002) menyatakan, lemak merupakan substansi yang dapat ditemukan pada jaringan tanaman atau hewan.  Lemak tidak dapat larut dalam air tetapi larut dalam pelarut organik seperti benzene, eter dan chloroform.  Lemak mengandung karbon, hidrogen dan oksigen dengan rumus C12H12O11.  Lemak biasa disebut ester lemak murni dari gliserol yaitu trigliserida

Lemak digolongkan menjadi lemak sederhana, lemak gabungan dan lemak derivate.  Lemak sederhana adalah ester dari asam-asam lemak dan alkohol dan termasuk macam-macam lemak (ester asam lemak dan gliserol) dan wax (ester asam lemak dan alkohol selain gliserol).  Lemak gabungan mengandung beberapa gugus selain alkohol dan asam lemak seperti pospor, nitrogen dan karbohidrat.  Lemak derivate merupakan senyawa yang dihasilkan oleh hidrolisa lemak sederhana ataupun lemak gabungan (Frandson, 1992).


Piliang dan Djojosoebagjo (2006) menyatakan, lemak dalam daging terdapat dalam bentuk trigliserida.  Trigliserida merupakan komponen utama asam lemak dalam makanan yang dibentuk dari fraksi katalisa gliserol dengan tiga molekul asam lemak.  Trigliserida merupakan bentuk lemak yang paling efisien untuk menyimpan kalori.

Ensminger (1992) menyatakan,  ayam broiler yang baru ditetaskan dengan berat badan 0,041 kg dagingnya mengandung lemak sebesar 2% sedangkan daging ayam broiler dipasaran dengan berat badan 1,6 kg mengandung 3,3 - 4,2% lemak.  Selanjutnya menurut Muchtadi dan Sugioyono (1992) bahwa daging paha ayam dipasaran mengandung lemak 4,7% sedangkan daging dada mengandung lemak 1,9%.


Daftar Pustaka

Ensminger, M.E.  1992.  Poultry Science.  3rd Ed.  USA. Intersate
Frandson R.D.  1992.  Anatomi dan Fisiologi Ternak.  4th Ed.  Srigandono B, Praseno K, Penerjemah; Soedarsono, editor.  Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Mc Donald P, R.A Edwards, J.F.D. Greenhalg, and C.A Morga.  2002.  Animal Nutrition.  6th Ed.  England: Imprint Pearson Education Prontice Hill.
Muchtadi T.R, dan Sugioyono. 1992. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Bogor, PAU IPB.
Piliang W.G, dan S Djojosoebagio.  2006.  Fisiologi Nutrisi.  Ed ke-1.  Bogor, IPB Press.



loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:18

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...