Kebutuhan Protein

Posted by

Protein adalah salah satu komponen gizi makanan yang diperlukan ternak untuk pertumbuhan. Laju pertumbuhan ternak yang cepat, akan membutuhkan lebih tinggi di dalam ransumnya (Nutrient Requertmen of Goat, 1981; Haryanto, 1992). Namun efisiensi penggunaan protein untuk pertumbuhan jaringan tubuh, dipengaruhi oleh ketersediaan energi (Ensminger dan Parker,1986).
           
Brody (1945) dan Kleiber (1961) membuktikan bahwa energi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok secara  alometris berbanding lurus dengan bobot badan pangkat 0,75. Sementara itu, Dement dan Van Soest (1983) menunjukan bahwa kapasitas organ pencernaan merupakan fungsi bobot badan pangkat 1,00-1,09. Kedua hubungan alometris ini secara implisit menjelaskan bahwa rasio kapasitas organ pencernaan dengan kebutuhan energi akan lebih rendah pada ternak dengan ukuran bobot tubuh lebih kecil dibandingkan dengan ternak besar. Dengan kata lain, efisiensi pencernaan pada ternak dengan ukuran tubuh kecil lebih inferior dibandingkan dengan yang lebih besar. Prinsip ini telah menjadi dasar anggapan bahwa ruminansia kecil termasuk kambing kurang mampu memanfaatkan bahan pakan dengankarakter serat dan keambaan (bulkiness) tinggi, seperti jerami.




Daftar Pustaka

Haryanto, B. 1992. Pakan domba dan kambing. Pros. Domba dan Kambing untuk Kesejahteraan Masyarakat.ISPI dan HPDKI Cabang Bogor, Bogor. hal. 26-33.

Ensminger, M.E. dan R.O. Parker. 1986. Sheep and Goat Science. The Interstate Printers & Publishers. INC,Danvile Illinois. p. 235-253.

Brody, S. 1945. Bioenergetics and Growth. Reinhold Publishing Co. New York


Demment, M.W. and. P.j. Van soest. 1983. Body Size,Digestive Capacity and Feeding Strategies of Herbivores.Winrock International Livestock Researchand Training Centre. Petit Jean Mountain, Morrilton,AR USA.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 18:05

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...