Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pemanfaatan Limbah media tanam jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Sebagai Pakan Ternak Ruminansia

Menurut Harahap (1987) selain rerumputan dan dedaunan maka limbah pertanian seperti jerami padi, jerami kacang tanah dan pucuk tebu juga merupakan pakan ternak ruminansia. Mikroba rumen akan mencerna selulosa dan hemiselulosa hingga terbentuk VFA (Volatile Fatty Acid) yang meliputi asam asetat, propionat dan butirat, disamping itu juga dihasilkan isobutirat, isovalerat, n-valerat dan laktat dalam jumlah sedikit. VFA merupakan sumber energi utama bagi ternak (Soebarinoto, dkk 1991).

Herawati, dkk (1987) dan Tillman, dkk (1991) menyatakan bahwa selulosa dan hemiselulosa yang terdapat pada sebagian besar limbah pertanian seperti jerami, keberadaannya terikat dengan lignin dan membentuk ikatan lignoselulosa dan lignohemiselulosa yang tidak dapat dicerna oleh mikroba rumen. Ketidak mampuan mikroba dalam mencerna lignin disebabkan terbentuknya ikatan hidrogen pada sisi kritis sehingga membatasi aktivitas enzim selulase. Oleh karena itu diperlukan adanya perlakuan khusus yang mampu merenggangkan ikatan antara lignin dengan selulosa dan hemiselulosa.

Beberapa jamur telah diuji coba oleh para peneliti diantaranya Coprinuscinereus, Pleuretus cajus, P. Florida, P. Ostreatus dan Volvariella volvaceae. Potensi perlakuan biologi dalam mendegradasi bahan lignoselulosik dalam skala laboratoris memberikan hasil yang cukup baik (Zadrasil, 1984), hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Alfan (1997) yang menyebutkan bahwa terjadi peningkatan kecernaan pada serbuk gergaji kayu mahoni setelah diberi perlakuan biologi yaitu dengan menumbuhkan jamur Pleurotus florida kedalamnya.

Kenaikan kecernaan pada serbuk gergajian kayu sisa biakan jamur diduga karenasenyawa komplek lignoselulosa dan lignohemiselulosa sudah mengalami penguraianmenjadi senyawa yang lebih sederhana atau yang mudah terurai oleh adanya aktivitas kimia atau enzim yang dikeluarkan oleh jamur dan dengan adanya penguraian tersebut berarti membantu mikroba rumen untuk mencernanya (Alfan,1997). Degradasi selulosa dalam rumen memerlukan kontak langsung antara substrat dengan enzim selulase yang dihasilkan mikroba, hal ini sangat ditentukan oleh luas permukaan bahan selulosik terhadap enzim. Soejono (1990) menyatakan bahwa penggilingan merupakan salah satu upaya untuk memperbesar permukaan bahan selulosik

Chesson and Oskov (1984) menyatakan bahwa alkali kuat mungkin dapat memecahkan ikatan dalam molekul lignin sehingga akan mengurangi besar molekulnya. Selain itu pengaruh ini dapat menyebabkan ikatan lignin dan hemiselulosa menjadi lemah dan selanjutnya melarutkan hemiselulosa karena penetrasi enzim mikroba lebih besar terhadap kecernaan karbohidrat.


Daftar Pustaka

Alfan. F, 1997. Penggunaan Jamur Pleurotus florida Untuk Meningkatkan Nilai Nutrisi Serbuk Gergaji Kayu Mahoni (Swietenia 26ahogany). Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.
Chesson, A. and E. R., Orskov. 1984. Microbial Degradation in The Digestive Tract.In: Straw and Other Fibrous By Products as feed. Pp: 305-339. Editors: F.Sundst Ø1 abd E. Owen (Elseveir. Amsterdam-Oksford-NewYork-Tokyo).
Harahap, N. 1987. Pelaksanaan Pengolahan Dan Pemanfaatan Jerami Padi didaerah. Proceedings of Bioconvertion Project Second Workshop on CropResidues for Feed and Other Purpose. Grati16-17 Nopember.
Herawati, R., M, Soejono,. dan P.Soemitro. 2000. Pengaruh Urea Amoniasi Jerami Padi Terhadap Kadar Protein Kasar, Serat dan Kecernaan in-vitro Varietas padi di Yogyakarta. Proceedings of Bioconfertion Project Second Workshop onCrop Residues for Feed and Other Purpose. Grati16-17 Nopember.
Tillman, D.A., Hartadi H., Reksohadiprodjo, S., Lebdosoekojo S. 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press. Fakultas Peternakan UGM, Yogyakarta.
Zadrasil, F. 1984. Microbial Conversion of Lignocellulose Into Feed In: straw and Other Fibrous By- Product as Feed. Pp: 276-292 editors F. SundstØ1 and E.Owen (Elsevier. Amsterdam-Oxford-NewYork-Tokyo


Labels: Pakan Alternative, Ruminansia

Thanks for reading Pemanfaatan Limbah media tanam jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Please share...!

0 Comment for "Pemanfaatan Limbah media tanam jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Sebagai Pakan Ternak Ruminansia"

Back To Top