Pertumbuhan Domba

Posted by

Pertumbuhan murni mencakup perubahan-perubahan dalam bentuk dan berat jaringan-jaringan pembangun seperti urat daging, tulang, jantung, otak, dan semua jaringan tubuh lainnya kecuali jaringan lemak dan alat-alat tubuh. Pertumbuhan murni dilihat dari sudut kimiawinya merupakan pertambahan protein dan zat-zat mineral yang ditimbun dalam tubuh. Pertambahan berat akibat penimbunan lemak atau penimbunan air bukan merupakan pertumbuhan murni (Anggorodi, 1990).

Setiap komponen tubuh memiliki kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda yang dipengaruhi oleh lingkungan dan akan menghasilkan penampilan ternak seperti pertambahan bobot badan harian yang dihasilkan dari proses pertumbuhan dan perkembangan yang berkesinambungan dalam seluruh hidup ternak tersebut (Herman, 2003). Pertumbuhan umumnya diukur dengan berat dan tinggi. Domba muda mencapai 75% bobot dewasa pada umur satu tahun dan 25% lagi setelah enam bulan kemudian yaitu pada umur 18 bulan dengan pakan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Tingkat pertumbuhan domba berkisar antara 20-200 gram per hari. Faktor-faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan domba antara lain tingkat pakan, genetik, jenis kelamin, kesehatan, dan manajemen (Gatenby, 1991). Pertumbuhan kambing dan domba adalah suatu hal yang kompleks, banyak faktor yang mempengaruhinya antara lain genetik dan lingkungan. Faktor genetik lebih membatasi kemungkinan pertumbuhan dan besarnya tubuh yang dicapai. Faktor lingkungan seperti iklim, pakan, pencegahan atau pemberantasan penyakit serta tata laksana akan menentukan tingkat pertumbuhan dalam pencapaian dewasa (Devendra dan Burn, 1983).


Daftar Pustaka

Anggorodi , R. 1990. Ilmu Makanan Ternak Umum. Gramedia, Jakarta.

Devendra, C., & M. Burn. 1983. Goat Production in The Tropics. Commonwealth Agricultural Bureaux, London.

Gatenby, R. M. 1991. The Tropical Agriculturalist Sheep. 1st Edition. Mc Millan Education Ltd. London and Basingtone.


Herman. R. 2003. Budidaya Ternak Ruminansia Kecil. Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.
loading...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19:47

0 komentar:

Post a Comment

Artikel Berkaitan

loading...