Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Lemak Susu

Lemak atau lipid terdapat di dalam susu dalam bentuk jutaan bola kecil yang bergaris tengah antara 1-20 mikron dengan garis tengah rata-rata 3 mikron. Biasanya terdapat kira-kira 1000 x 10⁶ butiran lemak dalam setiap mL susu. Butiran-butiran ini mempunyai daerah permukaan yang luas dan hal tersebut menyebabkan susu mudah dan cepat menyerap flavor asing (Buckle, 1987). Dalam lemak susu terdapat 60-75% lemak yang bersifat jenuh, 25-30% lemak yang bersifat tak jenuh, gambar dari lemak susu dapat dilihat pada gambar 2.2 keterangan dari gambar tersebut lemak susu adalah yang berbentuk bulat atau disebut fat globule dan disekitar nya itu adalah serum (http://animalscienceinfo.blogspot.co.id/2011/2013/struktur-dan-komposisisusu.html).

Kerusakan Lemak Susu
Kerusakan yang dapat terjadi pada lemak susu merupakan sebab dari berbagai Universitas Sumatera Utara 7 perkembangan flavor yang menyimpang dalam produk-produk susu, seperti:

1. Ketengikan, yang disebabkan karena hidrolisa dari gliserida dan pelepasan asam lemak seperti butirat dan kaproat, yang mempunyai bau yang keras, khas dan tidak menyenangkan.

2. Tallowiness yang disebabkan karena oksidasi asam lemak tak jenuh.


3. Flavor teroksidasi yang disebabkan karena fosfolipid. 

4. Amis atau bau seperti ikan yang disebabkan karena oksidasi dan reaksi hidrolisa (Buckle, 1987).

Labels: Susu

Thanks for reading Lemak Susu . Please share...!

0 Comment for "Lemak Susu "

Back To Top