Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Pertumbuhan Ikan Senggiringan (Puntius johorensis)

Pertumbuhan adalah suatu kondisi umum tentang perubahan yang sangat kompleks. Perubahan tersebut mencakup dimensi (panjang, berat, volume, jumlah dan ukuran) persatuan waktu baik individu, stock maupun komunitas. Effendie (1979) menyatakan bahwa dalam kenyataanya pertumbuhan ikan merupakan suatu proses yang sangat kompleks yang dapat diukur dengan perubahan panjang atau berat dari seekor ikan atau kelompok ikan diantara dua waktu yang berbeda. Data panjang dan berat ikan diperlukan untuk mengkaji tentang aspek pertumbuhan.

Menurut Effendie (1979) pertumbuhan terdiri dari pertumbuhan mutlak yaitu ukuran rata-rata ikan pada umur tertentu seperti umur panjang rata-rata ikan pada umur satu tahun, dan pertumbuhan nisbi yaitu panjang atau berat yang dicapai ikan dalam satu periode waktu tertentu dihubungkan dengan panjang atau berat awal periode tersebut. Selanjutnya dalam Nikolsky (1963) menyatakan bahwa pengaruh umur terhadap laju pertumbuhan secara umum dapat dibagi atas tiga periode. Periode pertama adalah pertumbuhan awal daur hidup, merupakan masa pertumbuhan yang relatif lambat disebabkan karena penyesuaian makanan dari konsumsi kuning telur ke makanan alami. Periode kedua adalah perumbuhan ikan muda yang merupakan masa perumbuhan ikan yang cepat dan semakin cepat hingga akhirnya memasuki periode ketiga yang dikenal dengan nama pertumbuhan ikan dewasa dimana pertumbuhan cenderung semakin lambat.

Pertumbuhan ikan dipengaruhi oleh faktor makanan, lingkungan, dan kondisi ikan itu sendiri. Lebih detail Effendie (1979) menyatakan bahwa faktorfaktor tersebut diantaranya adalah jumlah dan ukuran makan yang tersedia, suhu, oksigen terlarut, faktor kualitas air, umur dan ukuran ikan, serta kematangan gonad. Nikolsky (1963) menyatakan bahwa nilai koefisien laju pertumbuhan ikan dapat mempengaruhi komposisi umur, mortalitas alami, pergantian stock, dan daya reproduksi.


Labels: Perikanan

Thanks for reading Pertumbuhan Ikan Senggiringan (Puntius johorensis) . Please share...!

0 Comment for "Pertumbuhan Ikan Senggiringan (Puntius johorensis) "

Back To Top