Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Gambaran Umum Ternak Kambing Persilangan Kacang X Boer (Boerka)

Ternak kambing pertama kali dijinakkan sejak jaman prasejarah. Ternak kambing merupakan salah satu hewan yang tertua dijinakkan oleh manusia. Semua ternak kambing adalah binatang pegunungan yang hidup di lereng-lereng bukit sampai lereng yang curam (Williamson dan Payne, 1978) Ternak kambing pertama kali dipelihara didaerah pegunungan Asia Barat pada kurun waktu 8.000-7.000 SM. Jadi, sebagai ternak kambing lebih tua dari pada sapi. Diduga kambing yang dipelihara saat ini (Capra aegagrus hircus) berasal dari keturunan tiga macam kambing liar yaitu Benzoar goat atau kambing liar Eropa (Capra aegagrus), kambing liar India (Capra aegagrus blithy) dan Markhor goat atau kambing Markhor (Capra falconeri).

Persilangan yang terjadi antara ketiga jenis kambing tersebut menghasilkan keturunan yang subur (Mulyono dan Sarwono, 2004). Kambing merupakan ternak yang banyak dipelihara oleh masyarakat luas, karena memiliki sifat yang menguntungkan bagi pemeliharaannya seperti, ternak kambing mudah berkembang biak, tidak memerlukan modal yang besar dan tempat yang luas, dapat digunakan memanfaatkan tanah yang kosong dan membantu menyuburkan tanah, serta dapat dibuat sebagai tabungan (Sasroamidjojo dan Soeradji, 1978).

Hasil pengamatan pada generasi pertama (F1) persilangan kambing kacang dengan boer menunjukkan terjadi peningkatan yang nyata pada beberapa tolak ukur produktivitas. Rataan bobot sapih (umur 90 hari) kambing persilangan ini mencapai 16.22 kg lebih tinggi dibandingkan dengan kambing kacang sebesar 9.82 kg, sedangkan bobot badan umur 1 tahun mencapai 70-90% lebih tinggi dibandingkan kambing kacang. Pengamatan pada generasi kedua (F2) persilangan kambing kacang dengan boer secara konsisten lebih tinggi dibandingkan kambing kacang (Elieser et al., 2003).


Labels: Kambing

Thanks for reading Gambaran Umum Ternak Kambing Persilangan Kacang X Boer (Boerka) . Please share...!

0 Comment for "Gambaran Umum Ternak Kambing Persilangan Kacang X Boer (Boerka) "

Back To Top