Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Sapi Lokal Indonesia

Sapi asli Indonesia secara genetik dan fenotip umumnya merupakan : (1) turunan dari banteng (Bos Javanicus) yang telah didomestikasi dan dapat pula (2) berasal dari hasil silangan sapi asli Indonesia dengan sapi eksotik yang kemudian mengalami domestikasi serta adaptasi lokal (Abdullah, dkk., 2008b ).

Menurut Wiyono dan Aryogi, (2007); Noor, (2000) Sapi potong lokal Indonesia sebagai ternak asli mempunyai keragaman genetik yang cukup besar dan terbukti mampu beradaptasi pada kondisi lingkungan tropis yang kering, kuantitas dan kualitas pakan yang terbatas, relatif tahan serangan penyakit tropis dan parasit, serta performans reproduksinya cukup efisien, sehingga berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai materi genetik dalam pengembangan sapi potong yang unggul, walaupun produksinya lebih rendah dari ternak impor.

Perkembangan keragaman genetik bangsa-bangsa sapi di Indonesia mengalami pertambahan dengan adanya migrasi sapi zebu dalam pembentukan bangsa-bangsa sapi lokal Indonesia. Saparto (2004) dan Sutopo (2001) menyatakan bahwa sejak tahun 1806 sampai tahun 1812 telah didatangkan sapi zebu dari India untuk memperbaiki ukuran badan dan meningkatkan produksi daging dari sapi-sapi lokal. Dengan demikian secara konsekuen dapat diasumsikan bahwa populasi sapi Indonesia merupakan hasil hybrid individuals antara sapi asli (native stock) dengan bangsa zebu.

Di Indonesia terdapat Bos (Bibos) banteng yang diyakini sebagai nenek moyang sapi yang menurunkan sapi-sapi lokal yang ada di Indonesia. Diperkirakan pulau Jawa merupakan pusat domestikasi dari keturunan Bibos ini dan menyebar ke daerah lain (Pane, 1993) Saparto (2004) menyatakan bahwa bangsa sapi Jawa terlihat di pulau Jawa, sehingga dinamakan sapi Jawa Sugeng (1996) menyatakan bahwa para ahli berpendapat sapi Jawa merupakan sapi lokal yang berasal dari persilangan Bos Indicus (Zebu) dan Bos sundaicus atau Bos bibos. Bos bibos merupakan sumber asli bangsa-bangsa sapi Indonesia.




Labels: Sapi Lokal

Thanks for reading Sapi Lokal Indonesia . Please share...!

0 Comment for "Sapi Lokal Indonesia "

Back To Top