Informasi Dunia Peternakan, Perikanan, Kehutanan, dan Konservasi

Bambu Gombong (Gigantochioa verticilate) dan Bambu Ampel (Bambusa vulgaris)

Sayuti (1992) menyebutkan bahwa ada tiga hal pokok dalam proses pembuatan dadih yaitu persiapan bambu, pemerahan dan proses terjadinya dadih. Bambu yang digunakan adalah jenis bambu gombong (Gigantochioa verticilate) dan bambu ampel (Bambusa vulgaris). Jenis bambu tersebut dipilih karena rasanya pahit sehingga tidak disukai semut. Selanjutnya dadih ditutup daun talas, daun pisang, plastik maupun tanpa penutup.

Bambu yang umum digunakan untuk pembuatan dadih adalah bambu gombong (Gigantochloa verticillata) dan bambu ampel (Bambusa vulgaris) (Azria, 1986). Jenis bambu ini memiliki rasa pahit sehingga tidak disukai semut. Untuk menutup bambu biasanya digunakan daun talas, daun pisang, plastik atau bahkan dibiarkan tanpa penutup sesuai dengan kebiasaan masing-masing daerah (Suryono, 2003).

Bambu gombong mempunyai buluh berwarna hijau kekuning-kuningan dengan garis-garis kuning yang sejajar dengan buluhnya. Bambu ini memiliki keunggulan yaitu daya serap airnya tinggi. Bambu ampel merupakan bambu yang umumnya dimiliki oleh warga sehingga bambu ini juga sering dipakai dalam pembuatan dadih karena tidak perlu membeli. Selain itu, keunggulan dari kedua jenis bambu ini adalah keduanya memiliki rasa pahit sehingga dapat menghindarkan semut (Sayuti, 1992).

Mikroorganisme diduga dari permukaan tabung bambu bagian dalam, permukaan daun penutup, dan dari susu yang digunakan. Mikroorganisme tersebut adalah bakteri asam laktat (BAL). Dari beberapa penelitian diketahui bahwa dadih mengandung bakteri baik yaitu asam laktat (Lactobacilus casei) yang potensial sebagai probiotik. Asam laktat didalam dadih berperan dalam pembentukan tekstur dan cita rasa (Usmiati et al, 2011).


Labels: bambu

Thanks for reading Bambu Gombong (Gigantochioa verticilate) dan Bambu Ampel (Bambusa vulgaris) . Please share...!

0 Comment for "Bambu Gombong (Gigantochioa verticilate) dan Bambu Ampel (Bambusa vulgaris) "

Back To Top